Menu Close

Tips Menjaga Kesehatan Mulut dengan pasta Gigi Pepsodent

Pasta Gigi Pepsodent

Menyikat gigi dengan pasta gigi pepsodent bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan mulut. Salah satunya mencegah gigi berlubang dan menghilangkan bakteri pada mulut yang menyebabkan bau. Gigi yang sehat akan menguntungkan kehidupan sehari-hari, misalnya kamu akan lebih nyaman saat berbicara dengan orang lain. 

Masalah gigi sensitif dan berlubang bisa sangat mengganggu aktivitas sehari – hari. Misalnya saat kamu sedang bekerja, ketika rasa sakit karena gigi berlubang muncul pastinya akan menggoyahkan konsentrasimu. Kamu pun tidak bisa menikmati makanan apabila gigi kamu sensitif. Makanan seperti sup panas, es krim dan jus dingin pun tidak akan terasa nikmat saat kamu konsumsi. 

Gigi yang sehat akan membuat fokus kamu lebih prima. Kamu tidak akan merasakan sakit saat mengunyah makanan dengan kondisi gigi yang sehat. Sayangnya, menjaga kesehatan gigi tidak cukup hanya dengan menggosok gigi. Kamu perlu menjaga pola makan dan melakukan konsultasi ke dokter setiap enam bulan sekali. Berikut ini ada tips menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk kamu.

Tips menjaga kesehatan gigi

Menjaga kesehatan gigi menjadi keharusan bagi setiap orang. Dengan begitu, kondisi mulut akan lebih sehat dan mood kamu pun akan terjaga. 

Hindari makanan manis berlebihan

Langkah pertama untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan menghindari makanan manis berlebihan. Makanan manis memang menggiurkan dan bisa memberikan kenikmatan saat dikunyah. Namun, kamu perlu mengurangi dan mengontrol makanan manis seperti chocolate cake, kopi manis, teh manis dan lain-lain. Selain akan menyebabkan gigi menjadi sensitif dan menyebabkan munculnya lubang, makanan manis bisa menyebabkan penyakit lain. Misalnya seperti diabetes, tekanan darah tinggi, masalah jerawat, dan obesitas. 

Hindari minuman soda

Soda mempunyai rasa manis. Kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda bisa mengganggu kesehatan. Selain bisa merusak gigi secara perlahan, minuman soda tidak baik untuk tubuh. Soda mengandung asam fosfat dan karbonat yang menciptakan lingkungan asam di mulut, sehingga bisa merusak gigi. 

Rutin sikat gigi pada pagi hari dan sebelum tidur

Sikat gigi dengan pasta gigi pepsodent yang mengandung fluoride untuk menjaga kekuatan gigi. Kamu disarankan untuk menyikat gigi sebanyak dua kali sehari pada pagi hari dan malam sebelum tidur. Upayakan untuk menggunakan sikat gigi pribadi, dan jangan menggunakan sikat gigi secara bergantian. Menggunakan sikat gigi secara bergantian akan sangat berbahaya karena bisa menularkan penyakit dan bakteri. Selain itu kamu pun harus mengganti sikat gigi 3-4 bulan sekali.

Bersihkan gigi dengan benang dental floss

Walau kamu rutin menggosok gigi, namun ada bagian yang sulit untuk dijangkau oleh bulu sikat. Sela-sela antara gigi bisa dibersihkan menggunakan dental floss atau benang gigi. Namun ingat, benang gigi hanya boleh digunakan satu kali pemakaian saja. Hindari menggunakan dental floss secara bergantian agar tidak terjadi penularan bakteri mulut.

Hindari Mengonsumsi minuman keras dan merokok 

Merokok bukan hanya berbahaya pada kesehatan jantung, namun juga pada kondisi gigi. Tembakau pada rokok bisa menghambat aliran darah ke gusi. Hal ini akan menyebabkan gusi kekurangan nutrisi. Maka dari itu gusi bisa menjadi lebih hitam dan rentan mengalami infeksi. Selain itu rokok bisa merusak lapisan gigi. Minuman beralkohol pun mengandung banyak asam dan gula. Kombinasi dua hal tersebut bisa menciptakan karies gigi dan lubang. Apabila hal ini terjadi, akan sulit sekali mengembalikan kondisi gigi menjadi lebih sehat.

Untuk itu, menjaga kesehatan mulut dengan sikat gigi rutin menggunakan pasta gigi pepsodent akan sangat baik sekali untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *