Menu Close

Inilah Tips Melahirkan Normal Lancar dan Cepat

Inilah Tips Melahirkan Normal Lancar dan Cepat

Banyak wanita apalagi yang baru pertama kali akan melahirkan merasa cemas tentang proses melahirkan. Hal ini karena proses melahirkan tampak terasa menyakitkan dan membuat banyak orang jadi stres. Oleh karena itu, banyak wanita yang sering mencari tips melahirkan normal lancar dan cepat.

Melahirkan secara alami akan membuat seorang ibu bisa lebih mengendalikan tubuhnya. Biasanya, saat proses persalinan ada asisten yang dengan lembut membimbing dan mendukung ibu melalui tahapan persalinan.

Pengertian Melahirkan Secara Alami

Proses melahirkan secara alami merupakan suatu proses di mana ibu menjalani persalinan tanpa menggunakan bantuan obat-obatan, termasuk obat untuk menghilangkan rasa sakit seperti epidural. Selain itu, melahirkan secara alami hanya menggunakan sedikit atau tanpa intervensi medis buatan, seperti dengan memantau janin secara terus menerus atau episiotomi. Dengan melahirkan secara alami, maka akan memungkinkan wanita untuk memimpin proses persalinan, sehingga ia bisa menangani dengan cara yang menurutnya nyaman.

Pada umumnya proses persalinan secara alami sering dilakukan oleh para wanita yang memiliki kehamilan berisiko rendah, untuk menghindari kemungkinan risiko yang akan ditimbulkan akibat obat-obatan bagi ibu atau bayinya. Hal ini karena obat pereda nyeri dapat berpengaruh pada proses persalinan, seperti menyebabkan tekanan darah menjadi turun, persalinan jadi lebih cepat atau melambat, atau menimbulkan mual.

Tips Mempercepat Persalinan

Persalinan yang lambat atau justru berhenti dapat meningkatkan kemungkinan ibu hamil membutuhkan intervensi medis seperti operasi caesar. Namun, tidak perlu khawatir karena ada beberapa metode atau tips melahirkan normal lancar dan cepat yang dapat dilakukan, seperti berikut ini.

Berdiri dan Berjalan

Manfaat dari posisi berdiri selama persalinan adalah dengan memanfaat gaya gravitasi yang akan membantu meningkatkan tekanan pada leher rahim sehingga bayi akan turun ke panggul. Jika Anda masih bisa bangun dan jalan, Anda bisa mendapat manfaat tambahan dari melakukan gerakan tersebut.

Wanita yang bergerak dan berdiri tegak saat proses persalinan, biasanya persalinannya lebih cepat, rasa sakitnya bisa diminimalisir, dan hanya menerima lebih sedikit intervensi.

Stimulasi pada Payudara

Anda bisa melakukan stimulasi pada payudara untuk melepaskan hormon oksitosin ke dalam aliran darah. Hal ini bisa menyebabkan kontraksi. Anda bisa memompa payudara atau merangsang puting dengan jari atau bantuan dari pasangan untuk mendorong aliran oksitosin.

Teknik Akupresur dan Pijat

Tips melahirkan normal lancar dan cepat berikutnya yaitu dengan menggunakan metode akupresur dan pijat. Teknik ini bermanfaat untuk membantu mempercepat proses persalinan yang macet. Selain itu, pemijatan juga dapat membantu Anda lebih rileks, mengurangi rasa sakit, dan mengubah kecepatan proses persalinan.

Sedangkan teknik akupresur yaitu dengan mencapai titik tertentu yang memungkinkan tubuh agar bisa memproduksi lebih banyak oksitosin yang dapat meningkatkan kontraksi. Teknik ini bisa dilakukan oleh spesialis akupresur yang telah mendapat pelatihan khusus. 

Mengubah Posisi

Jika posisi bayi Anda justru yang menyebabkan persalinan jadi lambat, Anda bisa mengubah posisi Anda agar membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan posisi terbaik untuk bergerak melalui panggul saat proses persalinan.

Anda bisa mencoba untuk duduk di kursi goyang atau bola khusus yang disebut dengan nama birth ball. Jenis bola ini dapat membantu Anda untuk memudahkan proses persalinan serta membantu mempercepat proses saat melahirkan. 

Mengalihkan Perhatian

Anda bisa mengalihkan perhatian sebentar dengan mencoba berjalan-jalan ke kamar bayi untuk melihat bayi yang baru lahir. Anda mungkin juga bisa berjalan meninggal gedung untuk waktu yang singkat untuk mendapatkan udara segar. Hal ini agar beban tekanan mental yang Anda alami mereda sehingga bisa membantu proses persalinan.

Intervensi Medis

Pada umumnya tips melahirkan normal lancar dan cepat menggunakan intervensi medis dihindari jika masih bisa untuk menjaga kesehatan Anda dan bayi. Namun, ada kalanya intervensi medis menjadi pilihan yang terbaik bagi Anda dan bayi Anda. Intervensi medis yang bisa dilakukan meliputi augmentasi, amniotomi, dan menggunakan epidural.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *