Menu Close

Tidak Hanya Memberikan Manfaat Daun Kelor Untuk Mata, Tetapi Juga Untuk Kecantikan

Daun kelor atau yang dikenal dengan Moringa oleifera sudah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional. Manfaat daun kelor untuk mata hanya sebagian kecil khasiat yang diberikan bagi kesehatan, ternyata ada pula manfaat daun kelor untuk wajah. Anda bisa memperoleh manfaat ini bila menggunakannya sebagai masker wajah. 

Tanaman kelor banyak ditemukan di Indonesia, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Daun kelor berbentuk majemuk, bertangkai panjang, dan helaian daunnya berwarna hijau muda. Pada produk kecantikan, daun kelor biasanya dijadikan sebagai ekstrak atau diambil minyak atsirinya. 

Salah satu manfaat daun kelor untuk rahim adalah kandungan zat besinya yang tinggi

Manfaat daun kelor tidak hanya untuk mata, tetapi juga untuk kecantikan terlebih pada kesehatan wajah. Berikut ini beberapa manfaat daun kelor untuk wajah bisa Anda dapatkan.

  1. Mencegah penuaan pada wajah

Tinggal di negara tropis membuat kulit wajah kita sering terpapar sinar matahari sehingga mempercepat proses penuaan kulit.  Sinar ultraviolet (UV) dalam matahari menyebabkan kolagen rusak dan elastisitas kulit menurun. Akibatnya, muncul kerutan di wajah yang sering disebut sebagai keriput. 

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Pharmacy and Biological Sciences membuktikan bahwa manfaat daun kelor untuk wajah dalam mencegah penuaan dini. Penelitian tersebut dilakukan dengan mengambil biji kelor dari minyak atsirinya, kemudian diformulasikan dalam bentuk krim. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa minyak biji kelor mengandung antioksidan yang tinggi. 

  1. Memperbaiki warna dan tekstur kulit

Manfaat daun kelor untuk wajah berikutnya adalah membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit secara merata dengan cara mencegah noda hitam muncul. Cara memperoleh manfaat daun kelor untuk masker wajah adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun kelor.  Lalu, mengoleskannya pada area kulit yang terdapat noda hitam atau bintik gelap di wajah. Nantinya, kulit akan senantiasa bersih dan memiliki tekstur kenyal dan kencang. 

  1. Mengatasi jerawat dan komedo

Manfaat daun kelor untuk wajah berjerawat. Efek antimikroba pada daun kelor bisa mengobati jerawat. Dari sekian banyak penelitian, terdapat sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Cosmetic Science yang mengamati efektivitas manfaat daun kelor untuk wajah berjerawat. Penelitian tersebut melaporkan bahwa minyak alami daun kelor mengandung asam linoleat lebih dari 10% yang diperlukan untuk mengobati jerawat secara alami dan efektif. 

Selain itu, manfaat daun kelor untuk wajah berjerawat juga memiliki efek antimikroba yang dapat membasmi jerawat akibat bakteri. Riset lainnya menyatakan bahwa minyak kelor dapat menghambat produksi minyak berlebih pada kulit, yang kerap jadi biang keladi penyebab jerawat dan komedo. Oleh sebab itu, minyak daun kelor dianggap efektif untuk mengobati jerawat dan menghilangkan komedo.

  1. Mengecilkan pori-pori wajah 

Pori-pori membesar bisa terjadi akibat paparan debu dan partikel mikro. Manfaat daun kelor untuk wajah ternyata dapat mencegah kotoran dan kuman menempel pada kulit dengan cara melarutkannya secara alami saat kulit dibasuh air. Anda juga bisa memperoleh khasiat ini menggunakan sabun pembersih wajah dengan kandungan minyak kelor di dalamnya yang dipercaya dapat membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah sekaligus mengecilkannya.

  1. Melembapkan bibir

Tak hanya manfaat daun kelor untuk wajah, minyak daun kelor ternyata kerap digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan bibir, seperti lip balm atau masker bibir.  Suatu riset yang dipublikasikan dalam Lipids in Health and Disease menyebutkan bahwa minyak kelor yang diekstrak dari daunnya memiliki kualitas yang mirip dengan minyak zaitun. 

Kandungan asam lemak pada daun kelor yang paling tinggi adalah asam oleat. Jenis asam ini diyakini membuat banyak industri kecantikan memasukkan daun kelor sebagai bahan baku produk perawatan bibir mereka. Dari kandungan tersebut, daun kelor memiliki kemampuan untuk melembapkan bibir yang kering sehingga mempertahankan kelembutan bibir.

  1. Mengatasi penyakit kulit lain

Selain mengobati jerawat, manfaat masker daun kelor untuk wajah juga dapat mengatasi penyakit kulit lain, seperti bisul.  Riset yang dimuat dalam American Journal of Phytomedicine and Clinical Therapeutics membuktikan bahwa kandungan antijamur dan antimikroba yang mampu melawan aktivitas bakteri Staphylococcus aureus.

Itulah manfaat lain dari daun kelor selain untuk mata. Begitu besarnya manfaat yang akan Anda dapatkan dari daun kelor jika mengelolanya dengan baik. Jadi, olahlah daun kelor sebijak mungkin agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari daun kelor ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *