Menu Close

Ternyata Ini Efek Samping Jika Anda Menggunakan Sampo Kering

Berbagai jenis produk kecantikan dan kesehatan untuk rambut bisa Anda gunakan untuk membuat rambut tetap sehat dan indah. Salah satu produk perawatan rambut yang tidak boleh dilewatkan adalah sampo. Penggunaan sampo saat ini menjadi cukup bervariatif. Salah satu inovasi dari produk shampo adalah sampo kering atau dry shampoo. Nah, jenis sampo kering ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang sibuk dan tidak sempat berlama-lama di kamar mandi.

Namun, apakah ada efek samping atau dampak dari penggunaan sampo kering? Tentu saja ada, oleh karenanya penggunaan sampo kering perlu diperhatikan agar tidak membawa dampak buruk. Nah, jika Anda ingin tahu dampak apa saja yang bisa ditimbulkan dari penggunaan sampo kering, simak ulasan berikut.

1. Memicu Kebotakan

Salah satu dampak dari penggunaan sampo kering yang berlebihan adalah munculnya kerontokan yang memicu kebotakan pada rambut. Sampo kering memang tidak dapat dipungkiri sangatlah praktis untuk digunakan sebelum menata rambut. Akan tetapi jika digunakan terlalu sering pada rambut, maka jenis sampo yang satu ini dapat menimbulkan kerontokan yang masif. Ada baiknya jika sesekali berhenti menggunakan sampo kering dan menggunakan sampo basah untuk keramas seperti biasa.

Disamping dampak yang dapat memicu kerontokkan tersebut, penggunaan sampo kering yang berlebihan juga dapat mematikan nutrisi baik pada rambut sehingga menghambat pertumbuhan folikel rambut baru. Dampaknya, kebotakan rambut akan berlangsung lebih lama dan kemungkinan sulit untuk disembuhkan dengan sendirinya.

2. Menimbulkan Ketombe pada Rambut

Dampak lain yang mungkin juga dapat ditimbulkan dari penggunaan sampo kering adalah kemunculan ketombe pada kulit rambut Anda. Hal ini disebabkan karena biasanya sampo kering akan meninggalkan sisa-sisa di kulit kepala. Terlebih jika rambut Anda diikat atau ditata sedemikian rupa, sisa produk sampo kering akan terperangkap dan menyumbat folikel rambut. Rambut pun menjadi tidak sehat dan menimbulkan munculnya ketombe secara lebih banyak.

3. Mempengaruhi Kilau Alami Rambut

Salah satu manfaat sampo kering adalah untuk menyerap minyak yang berlebihan dan mengikatnya di kulit kepala agar tidak membuat rambut menjadi lengket setelah seharian beraktivitas. Namun apabila penggunaan sampo kering ini diaplikasikan secara berlebihan, maka rambut akan sama sekali kehilangan minyak alami. Akibatnya, rambut akan terkesan kasar dan kering.

4. Memicu Timbulnya Risiko pada Akar Rambut

Zat-zat yang terdapat pada sampo kering memiliki kemampuan untuk masuk ke akar-akar rambut. Hal ini dikarenakan sampo kering mengandung berbagai bahan yang dapat membuat kondisi rambut menjadi kering secara stabil, sehingga rambut tidak mudah berkeringat dan lepek. Namun jika digunakan secara berlebihan, zat aktif sampo kering yang menempel pada akar rambut tersebut akan menimbulkan permasalahan.

Beberapa permasalahan yang berisiko muncul pada akar rambut Anda jika menggunakan sampo kering secara berlebihan adalah penyumbatan folikel rambut, ruam pada area akar, serta timbulnya area kemerahan yang terasa gatal. Apabila hal ini dibiarkan, maka secara refleks biasanya Anda akan menggaruk kulit kepala hingga dapat memicu terjadinya infeksi.

Oleh sebab itu, baik itu penggunaan sampo kering maupun jenis produk perawatan kulit lainnya perlu diperhatikan dengan seksama. Bukan pilihan yang bijak untuk menggunakan produk dengan tujuan instan tanpa memikirkan dampak yang dihasilkan kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *