Menu Close

Resep Kastengel Keju Asin & Gurih, Dijamin Bikin Nagih!

Idulfitri telah cukup lama lewat. Namun, tampaknya kelezatan kastengel keju tetap tidak akan luntur di lidah. Jika pada hari-hari biasa tidak banyak penjual yang menyediakan kastengel keju, coba kamu buat saja sendiri kue kering satu ini di rumah. Resep kastengel keju bisa kamu sontek di sini. 

Resep kastengel keju dengan cita rasa asin dan gurih wajib kamu jajal di rumah

Sebetulnya, dari mana, sih asal kastengel keju? Mengingat bahwa bahan dasar kukis renyah ini adalah keju, tampaknya ia bukan penganan asli nusantara. Ya, memang, kastengel keju berasal dari negeri kincir angin, Belanda. 

Kastengel keju mendarat di tanah air pada Zaman Kolonialisme. Umumnya, kudapan ini tersaji di rumah para pembesar Belanda yang melakukan pernikahan dengan perempuan asli Indonesia. Kemudian, akulturasi budaya pun merembet hingga ke urusan kuliner.  

Hasilnya, kastengel keju pun diterima secara luas di kalangan pribumi. Tidak heran, rasa asin dan gurih khas kastengel keju memang cocok bagi lidah dalam negeri. Saking memasyarakatnya makanan ini, pada setiap Idulfitri, salah satu hari raya terbesar di Indonesia, kastengel keju seolah-olah wajib ada di setiap rumah warga. 

Jadi, apakah kamu sudah berencana untuk membuat sendiri kastengel keju di rumah? Wah, membuat makanan ini sendiri memang wajib dicoba, lho. Terlebih resep kastengel keju satu ini sangat mudah dipraktikkan. 

Bahan-Bahan dan Langkah-Langkah dalam Membuat Kastengel Keju 

Yuk, siapkan bahan-bahan di bawah ini. Kamu bisa menemukannya di minimarket terdekat, kok. Perhatikan baik-baik takaran dari masing-masing bahan, ya.

  • 300 gram mentega; 
  • 300 gram margarin; 
  • 2 butir kuning telur; 
  • 200 gram keju edam parut (kamu bisa menggunakan keju cheddar sebagai pengganti keju edam); 
  • 30 gram susu bubuk full cream; 
  • 450 gram tepung rendah protein, ayak; 
  • 50 gram tepung maizena. 

Berikutnya, pelajari langkah-langkah berikut terlebih dahulu sebelum kamu mulai meniru. Pastikan tidak ada tahap yang kamu lewati agar kastengel keju kamu tidak gagal. 

  • Masukkan kuning telur, margarin, dan mentega ke dalam sebuah wadah. Kocok dengan menggunakan mixer atau whisk hingga semua bahan merata; 
  • Masukkan keju edam parut. Aduk sampai merata dengan menggunakan spatula atau sendok kayu; 
  • Tambahkan tepung terigu rendah protein dan susu bubuk. Aduk kembali secara merata dengan spatula atau sendok kayu sampai adonan dapat dibentuk;
  • Pipihkan adonan dengan menggunakan rolling pin setebal 1 sentimeter. Cetak dengan cetakan kastengel keju; 
  • Tata adonan kastengel keju di atas loyang yang sudah dilapisi alas kertas roti. Pastikan kamu memberi jarak kurang lebih 1 sentimeter; 
  • Oleskan kuning telur ke atas permukaan adonan kastengel keju. Taburkan keju cheddar parut sebelum dipanggang; 
  • Panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat Celcius selama 30 menit. Tunggu sampai kastengel keju berwarna kecokelatan;
  • Setelah matang, angkat dan diamkan kastengel keju dalam suhu ruangan. Kemudian, simpan di dalam toples kedap udara. 

Karena kastengel keju yang asin dan gurih ditentukan dari penggunaan keju sebagai bahan utamanya. Idealnya, campuran tiga jenis keju yang digunakan adalah cheddar, edam, dan parmesan. Masing-masing keju memiliki ciri khas tersendiri dalam menciptakan rasa kastengel keju yang seimbang. 

Keju cheddar paling banyak digunakan untuk mendapatkan rasa asin. Selanjutnya, keju edam yang memiliki rasa lebih asin daripada keju cheddar ditambahkan untuk meningkatkan rasa gurih. Kemudian, keju parmesan ditambahkan untuk menghadirkan aroma wangi pada kastengel keju saat dipanggang. Bagaimana, siap mempraktikkan resep kastengel keju ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *