Menu Close

Pilihan Obat Rhinitis Alergi Selain Incidal-OD

Incidal-OD merupakan obat antihistamin yang bermanfaat untuk meredakan gejala alergi seperti mata berair, hidung berair, mata atau hidung gatal, serta gatal-gatal. Obat Incidal-OD ini mengandung zat aktif certirizine dihidroklorida.

Manfaat Obat Incidal-OD

Obat incidal ini berkhasiat mengatasi peradangan di mukosa hidung, rhinitis alergi, dan mengatasi biduran kronis yang belum belum diketahui dengan jelas penyebabnya.

Obat incidal ini mengandung cetirizine 2HCl yang boleh dikonsumsi oleh anak berusia di atas 12 tahun dan orang dewasa. 

Mengonsumsi obat ini juga memiliki efek samping berupa sakit kepala, pusing, gelisah, mengantuk, mulut kering, reaksi alergi di kulit, gangguan pada saluran pencernaan, hingga pembengkakan yang menjadi reaksi alergi.

Obat ini tidak dikonsumsi jika sedang mengalami kondisi kehamilan trimester pertama, ibu menyusui, dan pasien yang mengalami gangguan fungsi ginjal berat.

Cara Lain Mengobati Alergi Rhinitis Tanpa Obat Incidal-OD

Selain menggunakan obat-obatan seperti incidal, gejala rhinitis alergi bisa dicegah dengan beberapa cara berikut ini, seperti:

  1. Akupuntur

Menurut sebuah studi tahun 2015, akupuntur bisa menjadi salah satu pengobatan yang aman untuk alergi. Teknik akupuntur ini dilakukan dengan menusuk jarum di titik tertentu pada tubuh.

  1. Cairan atau semprotan saline

Penggunaan cairan saline atau tetes air garam pada hidung bisa mengurangi gejala alergidi hidung dan mengurangi konsumsi obat alergi. Cairan air garam ini juga bisa digunakan untuk tambahan pengobatan rhinitis alergi. 

Cairan saline bisa dibuat sendiri atau bisa menggunakan semprotan saline yang dijual di apotek. Keduanya mampu meringankan gejala alergi di hidung.

  1. Probiotik

Probiotik juga disebut mampu mengurangi gejala rhinitis alergi. Meski pengobatan yangs atu ini masih butuh penelitian lebih lanjut. Probiotik juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun tubuh serta membantu tubuh melawan alergi.

  1. Menggunakan masker dengan filter HEPA

Alergi disebabkan oleh pemicu alerginya atau alergen. Tentu cara untuk mengobatinya dengan menghilangkan pemicu tersebut. Anda bisa menggunakan masker yang dilengkapi dengan filter HEPA untuk menyaring udara sehingga terhindar dari pemicu alergi.

Selain penggunaan masker, Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner yang dilengkapi dengan filter HEPA.

  1. Vitamin C

Vitamin C memang terkenal mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antihistamin alami yang berguna untuk mengatasi alergi. Menurut penelitian di tahun 2018 lalu, vitamin C dalam dosis tinggi bisa mengurangi gejala alergi.

Namun, masih butuh penelitian lebih lanjut terkait hal ini. Untuk mengurangi histamin dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi vitamin C sebanyak 2000 mg per hari. Mendapatkan vitamin C bisa berasal dari makanan seperti strawberry, paprika, buah kiwi, brokoli, blewah, kembang kol, hingga buah citrus.

  1. Enzim bromelin

Enzim bromelin adalah salah satu enzim yang terkandung dalam pepaya, nanas, dan buah lainnya. Enzim bromelin ini berkhasiat membantu pernapasan ketika tubuh terserang alergi. Enzim ini akan mengurangi pembengkakan akibat alergi. Namun, mengonsumsi enzim bromelin ini berisiko mengganggu pencernaan, mempengaruhi siklus menstruasi, dan meningkatkan detak jantung.

  1. Kandungan quercetin

Quercetin adalah salah satu pigmen tumbuhan yang berupa antioksidan. Quercetin ini diyakini bisa menstabilkan histamin sehingga mengurangi gejala alergi.

Menurut penelitian, ekstrak quercetin bisa mengobati alergi. Akan tetapi, efek dari quercetin ini berupa sensasi menggelitik di kaki dan lengan, hingga sakit kepala. Bahkan konsumsi quercetin dalam dosis tinggi dalam jangka panjang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan ginjal. 

Rhinitis alergi tidak hanya bisa diobati dengan minum obat-obatan seperti incidal. Tapi juga bisa diobati dengan berbagai cara, mulai dari konsumsi vitamin C hingga menggunakan masker dengan filter HEPA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *