Menu Close

Penyebab Kenapa Ibu Hamil Sering Mual Bisa Diatasi Dengan Melakukan Hal Ini

Kenapa ibu hamil sering mual berkaitan dengan hormon kehamilan dan kekurangan vitamin B6

Salah satu keluhan yang sering dialami saat hamil adalah mual. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mual. Alasan kenapa ibu hamil sering mual pun belum diketahui secara pasti karena banyak faktor yang menjadi pemicunya. 

Mual saat hamil ini juga lebih dikenal dengan istilah morning sickness, meski pun mual yang dialami tidak selalu terjadi pada pagi hari. Perubahan hormon menjadi salah satu penyebab utama yang memicu terjadinya mual. 

Mual saat hamil biasanya dimulai sejak awal masa kehamilan dan mencapai puncaknya di sekitar minggu ke-9. Rasa mual akan berangsur-angsur mereda setelah melewati usia kehamilan 12 minggu.

Mual saat hamil bisa menjadi sangat mengganggu. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, keluhan ini juga bisa membuat Anda sering muntah dan merasakan berkurangnya nafsu makan. Namun, Anda tidak perlu takut. Ada beberapa cara untuk mengatasi mual secara alami berdasarkan waktu munculnya mual, yaitu

  1. Menghilangkan mual di pagi hari

Saat baru bangun tidur, cobalah bangun secara perlahan dan beri waktu sekitar 20 hingga 30 menit sebelum beranjak dari tempat tidur. Agar tidak terburu-buru saat beraktivitas di pagi hari, usahakan bangun lebih pagi agar Anda punya lebih banyak waktu untuk bersiap. Anda juga dapat menyimpan camilan sehat di samping tempat tidur. Hal ini dilakukan agar Anda bisa segera mengisi perut yang kosong tanpa harus repot pergi ke dapur atau memasak. Anda juga bisa mengonsumsi teh atau air jahe untuk meredakan mual. Selain dengan makanan dan minuman, meredakan mual di pagi hari juga bisa Anda lakukan dengan cara mendengarkan musik yang Anda suka. Musik bisa membantu Anda agar lebih tenang dan teralihkan dari rasa mual yang mengganggu.

  1. Menghilangkan mual di siang hari

Sedangkan Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk mengatasi mual yang terjadi di siang hari.

  • Usahakan makan siang dengan porsi sedikit, tetapi sering agar perut tidak kosong.
  • Konsumsi makanan tinggi protein dan vitamin B, seperti kacang-kacangan, serta makanan berkarbohidrat tinggi dan rendah lemak, seperti nasi, roti, biskuit, dan pasta. Hindari makanan atau minuman yang berbau menyengat karena bisa membuat mual bertambah parah.
  • Sering minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi selama masa kehamilan.
  • Hirup aroma lemon atau tambahkan irisan lemon ke dalam teh atau air putih (infused water).
  • Konsumsi permen mint, karena rasa dan aromanya dapat meredakan mual.
  • Luangkan waktu untuk beristirahat di sela aktivitas.
  • Jangan tidur siang setelah makan, karena bisa memperparah mual saat hamil.
  1. Menghilangkan mual di malam hari

Pada malam hari, Anda disarankan untuk menghindari makanan pedas, berminyak, berlemak, dan asam. Selain itu, cukupi waktu istirahat dengan tidur malam lebih awal. Istirahat cukup penting bagi Anda agar tetap bertenaga selama menjalani aktivitas. Jika Anda kebetulan bangun saat tengah malam, cobalah mengonsumsi sedikit camilan. 

Alternatif lain untuk menghilangkan mual saat hamil adalah menghirup aromaterapi, seperti minyak lavender, jahe, dan peppermint. Namun, jika aromaterapi justru menyebabkan mual semakin parah atau muntah-muntah, maka segera hentikan penggunaannya.

Selain itu, yoga untuk ibu hamil juga dapat menjadi pilihan. Beberapa pose yoga  dapat membantu Anda merasa lebih rileks dan nyaman, sehingga keluhan mual dan muntah dapat berkurang.

Kenapa ibu hamil sering mual memang belum ditemukan secara pasti alasannya, tetapi Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara di atas. Jika keluhan mual ini semakin parah, silakan periksa diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *