Menu Close

Manfaat Body Lotion untuk Kulit Kering dan Memutihkan

natural honey

Body lotion untuk kulit kering dan memutihkan dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah kulit menjadi kering, kasar, bersisik, gatal, dan iritasi. Kulit kering dapat membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kulit kering dapat disebabkan karena terpapar kondisi cuaca kering, air panas, dan bahan kimia tertentu yang dapat memicu tubuh jadi Anda mengering. Selain itu, kondisi kesehatan tertentu seperti infeksi pada kulit atau yang kerap disebut sebagai dermatitis juga dapat menimbulkan kulit jadi kering.

Penyebab Kulit Kering

Kulit menjadi kering dan kusam dapat disebabkan karena lingkungan. Selain itu, penyakit tertentu juga dapat secara signifikan memengaruhi kondisi kulit. Penyebab yang bisa memicu timbulnya kulit kering yaitu:

Cuaca

Jika Anda sedang berada di daerah dengan musim dingin dan kering, dan suhu serta tingkat kelembapan menurun maka kulit Anda akan cenderung menjadi kering. 

Panas

Alat-alat seperti pemanas sentral, pemanas ruangan, tungku pembakaran kayu, dan perairan dapat mengurangi kelembapan dan membuat kulit Anda jadi lebih kering.

Mandi Air Panas

Mandi air panas atau terlalu lama saat berendam dapat membuat kulit Anda jadi kering. Begitu juga jika Anda sering berenang di kolam renang yang mengandung banyak klorin.

Menggunakan Sabun dan Deterjen yang Keras

Kelembapan kulit bisa hilang saat Anda menggunakan sabun, sampo, dan deterjen yang memiliki formula yang keras dan langsung menghilangkan minyak di kulit Anda.

Kondisi Medis Tertentu

Ada beberapa orang yang mengalami kondisi kulit tertentu seperti dermatitis atopik atau eksim, serta psoriasis yang rentan terhadap kulit kering.

Siapapun juga dapat berisiko terkena masalah kulit kering. Akan tetapi, Anda mungkin lebih mungkin terkena kulit kering jika Anda memiliki faktor risiko sebagai berikut:

  • Berusia 40-an atau lebih. Seiring bertambahnya usia, maka kulit Anda akan berisiko menjadi kering.
  • Hidup di tempat yang memiliki iklim yang kering, dingin atau memiliki kelembapan yang rendah.
  • Memiliki pekerjaan yang membuat Anda harus selalu terkena air, seperti menyusui dan menata rambut.
  • Sering berenang di kolam renang yang airnya mengandung klorin.

Manfaat Body Lotion untuk Kulit Kering

Jika Anda mengalami kondisi kulit kering, kusam, dan menggelap akibat paparan sinar matahari, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan body lotion untuk kulit kering dan memutihkan. Hal ini karena body lotion tersebut memiliki beberapa formula seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide yang diklaim mampu mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.

Berikut beberapa manfaat menggunakan body lotion untuk kulit kering dan memutihkan.

Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik

Body lotion bisa melembapkan kulit Anda, di mana kelembapan kulit Anda hilang usai mandi.

Memperlambat Munculnya Tanda-tanda Penuaan

Rutin menggunakan body lotion setiap hari dapat memperlambat timbulnya kerutan, bercak-bercak kasar, garis-garis halus, dan kulit yang kering. Akan tetapi, body lotion tidak akan menghentikan tanda-tanda penuaan secara permanen. Oleh karena itu, pilihlah body lotion yang memiliki nutrisi seperti vitamin A, vitamin B3, vitamin B5, dan retinol untuk menjaga kulit agar tetap kencang dan awet muda.

Mengatasi Jerawat

Kelenjar minyak dapat memproduksi sebum secara berlebihan karena mengalami perubahan hormonal atau pola makan. Produksi sebum yang berlebihan ini akan menyumbat pori-pori kulit sehingga menimbulkan jerawat.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik, agar kelenjar minyak di kulit hanya menghasilkan jumlah sebum sesuai dengan yang dibutuhkan dan tidak berlebihan. Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam body lotion juga dapat mengurangi timbulnya jerawat.

Body Lotion Dapat Terserap Lebih Mudah

Body lotion untuk kulit kering dan memutihkan pada umumnya memiliki bahan dasar air. Hal ini akan membuat lotion lebih mudah terserap oleh kulit sehingga dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit untuk mempertahankan kelembapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *