Menu Close

Bagaimana Cara Aplikasi Make Up untuk Kulit Kering?

Bagaimana Cara Aplikasi Make Up untuk Kulit Kering?

Make up merupakan bentuk seni yang tidak bisa dianggap remeh. Perlu belajar agak lama untuk bisa mengaplikasikan make up dengan bagus dan indah. Tak hanya itu, Make Up perlu diaplikasikan secara tepat agar tidak mengganggu penampilan dan membuat tekstur kulit semakin memburuk. Lalu, bagaimana cara make up untuk kulit kering?

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, perlu teknik khusus demi mendapatkan look make up terbaik tanpa membuat wajah kering jadi semakin memburuk teksturnya. Simak beberapa tips aplikasi make up untuk kulit kering berikut ini. 

1. Usahakan Rajin Scrub Wajah

Langkah perawatan sebelum make up untuk kulit kering, yaitu melakukan scrub wajah secara rutin. Aplikasi make up pada kulit kering memang perlu trik khusus. Bila salah langkah, foundation yang Anda pakai akan tidak merata. Nah, supaya kasus make up tidak rata yang sering dialami kulit kering tidak terjadi, usahakan untuk memperbaiki kondisinya dengan Srub wajah. 

Well, mungkin Anda bertanya-tanya: bukankah scrub wajah justru membuat kulit kering tambah kerontang?. Tidak juga, kok. Kulit kering Anda tetap membutuhkan scrub wajah guna mengangkat sel-sel kulit mati. Hanya saja, Anda cukup menggunakan scrub sekitar seminggu sekali saja. Dengan scrub, sel-sel kulit mati penyebab jerawat akan menghilang sehingga aplikasi make up pada wajah jadi lebih rata. 

2. Gunakan Moisturizer Sebelum Aplikasi Make Up

Akan lebih baik lagi kalau Anda mau mengaplikasikan moisturizer sebelum aplikasi make up. Kulit kering Anda akan membuat hasil akhir make up yang retak. Itulah kenapa kulit perlu dilembabkan terlebih dahulu. 

Pilih pelembab mengandung vitamin C. Selain mampu membasmi kulit yang kering, vitamin C akan bekerja mencerahkan wajah serta membasmi bakteri penyebab kulit berjerawat. Pilih juga pelembab yang mengandung SPF guna melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. 

Tak hanya digunakan sebelum make up, ada baiknya Anda juga mencoba aplikasi moisturizer setiap hari guna membasmi kulit kering biar semakin lembab. 

3. Aplikasikan Primer

Banyak yang masih meremehkan penggunaan primer. Padahal, mengaplikasikannya sebelum make up akan membuat foundation pada kulit kering terlihat rata. Selain itu, primer juga membuat make up jadi lebih tahan lama. Tak perlu banyak-banyak, cukup aplikasikan primer sebesar biji jagung. Kemudian, oleskan pada wajah Anda sebelum aplikasi foundation. 

4. Pakai Aplikator yang Tepat

Selain memilih make up yang tepat, perhatikan juga aplikator yang akan digunakan. Pastikan menggunakan beauty blender ketimbang tangan saat menotolkan foundation pada wajah. Tekstur Beauty Blender yang mulus akan membuat make up lebih halus.

Perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan aplikator yang agak kotor. Bila memungkinkan, cuci terlebih dahulu supaya aplikator bersih dan nyaman saat dipakai. 

5. Pilih Foundation Khusus Kulit Kering

Khusus pemilik kulit kering sebaiknya menyesuaikan pemilihan jenis make up dengan tekstur kulit. Saat ini, sudah beredar banyak sekali make up yang diformulasikan dengan moisturizer sehingga kulit wajah pun terhindar dari kekeringan. 

Terutama, ketika memilih Foundation, Anda sebaiknya pilih yang formulanya agak cair. Pastikan untuk riset terlebih dahulu sebelum membeli jenis Foundation yang sesuai untuk kulit kering. 

6. Gunakan Setting Spray di Akhir

Kulit kering akan membuat make up lebih cepat crack (pecah). Kondisi ini terjadi saat kelembapan wajah semakin berkurang sehabis beraktivitas beberapa jam. Meskipun sudah diberikan moisturizer, tentu saja hal ini bertahan sementara. Dalam 7-8 jam, kulit akan kembali mengering sehingga tampilan make up mulai retak. 

Supaya kondisi ini tidak terjadi, Anda bisa menggunakan setting Spray di akhir.  Semprotkan setting Spray untuk mengunci make up agar tak retak. Begitulah pedoman mengenakan make up untuk kulit kering agar hasilnya dapat terlihat maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *