Menu Close

Kulit Kering dan Gatal? Pertanda Eksim Atopik!

Kulit Kering dan Gatal? Pertanda Eksim Atopik!

Kulit kering dan gatal adalah kondisi kesehatan pada kulit yang bisa menyerang siapa saja. Namun lebih banyak menyerang anak-anak.

Dalam dunia medis kondisi ini merupakan salah satu munculnya dermatitis atau eksim atopik, yaitu kondisi kulit memerah dan penderitanya mengalami gatal.

Kemunculan eksim atopik biasanya dibarengi dengan penyakit asma dan alergi terhadap bunga. Lalu apa saja penyebab eksim atopik ini?

Penyebab kulit kering dan gatal

Dilansir dari berbagai sumber terdapat banyak sekali mengapa kondisi kesehatan kulit yang buruk ini dapat muncul.

Faktor genetika disebut merupakan penyebab utama munculnya penyakit ini karena genetika berhubungan langsung dengan eksim yang memengaruhi kelembapan kulit. 

Sehingga, tidak mengherankan jika faktor genetika yang demikian mudah membawa kulit untuk mudah terpapar akibat lingkungan yang berubah, terpapar zat yang mudah membuat iritasi, dan zat yang merangsang terjadinya alergi.

Faktor-faktor di atas cukup untuk membuat seseorang mudah terkena eksim atopik berkali-kali. Tak hanya itu, orang-orang yang punya riwayat keluarga menderita eksim, alergi, dan asma cenderung mudah terserang penyakit ini.

Selain itu, orang-orang yang memiliki terlalu banyak sel inflamasi serta kulit pelindung yang cukup kering juga bisa menjadi penyebab terkena eksim atopik.

Penyebab lainnya adalah beberapa faktor risiko yang tentu saja perlu Anda perhatikan, yaitu mandi air panas dalam waktu yang tidak wajar, keringat yang keluar secara berlebihan, sering merasa kepanasan, berada di cuaca dingin dan kering, kulit peka terhadap wol dan kain sintetis, alergi terhadap sabun, detergen, dan produk perawatan kulit, terkena debu, pasir, asap serta stres.

Gejala eksim

Selain kulit kering dan gatal, eksim atau dermatitis atopik juga mempunyai gejala-gejala lain, yaitu terdapat adanya ruam di lipatan siku, lutut, dan bagian tubuh lainnya.

Kemudian munculnya bercak kulit bersisik pada ruam tersebut dan bintik-bintik berisi cairan, kulit yang mengalami ruam kasar dan menebal, dan adanya ruam di wajah, leher, dan mata.

Komplikasi dermatitis atopik

Kondisi yang demikian tentu saja dapat berujung pada komplikasi jika tidak ditangani secara serius meskipun dalam beberapa kasus eksim atopik bisa hilang dengan sendirinya.

Adapun komplikasi yang dapat terjadi adalah neurodermatitis, yaitu kondisi kulit gatal yang semakin gatal jika terus-menerus digaruk.

Kondisi ini akhirnya membuat kulit menjadi tebal, besar, mengalami perubahan warna, serta adanya infeksi kulit yang berakibat kulit mengalami luka sehingga menjadi pintu masuk utama bakteri dan virus ke tubuh Anda.

Pencegahan dan penanganan

Supaya Anda terhindar dan tidak mengalami kembali dermatitis atopik ini Anda disarankan untuk menggunakan pelembap kulit atau obat untuk mengurangi kondisi seperti salep dan lainnya yang bisa Anda konsumsi sesuai dengan arahan serta rekomendasi dari dokter.

Selain itu, jangan lupa untuk mandi tidak lebih dari 15 menit setiap hari, dan pakailah air hangat daripada air panas.

Lalu, pakailah sabun berbahan dasar ringan, dan hindari sabun antibakteri yang dapat memicu kulit menjadi kering.

Supaya kondisi kulit yang tidak menyenangkan ini benar-benar tidak datang kembali, pastikan Anda selalu benar-benar menjaga lingkungan, dan hindari menggaruk kulit secara berlebihan.

Itulah mengenai kondisi kulit kering dan gatal yang merupakan gejala dari eksim atau dermatitis atopik yang bisa menyerang siapa saja. Apabila ternyata Anda sudah mengalami tahap yang sangat parah karena penyakit tidak hilang-hilang, Anda harus segera ke dokter untuk tindakan medis lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *