Menu Close

Penggunaan Krim Penghilang Stretch Mark, Apakah Ampuh?

Penggunaan Krim Penghilang Stretch Mark, Apakah Ampuh?

Tidak hanya ibu hamil, baik wanita yang sedang tidak hamil bahkan pria sekalipun bisa mengalami gangguan kulit seperti stretch mark. Stretch mark atau striae distensae seperti jenis bekas luka yang sangat nampak terlihat saat kulit sedang meregang atau menyusut dengan cepat. Stretch mark dianggap bisa mengganggu penampilan, namun jangan khawatir karena kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan krim penghilang stretch mark.

Faktor Risiko Seseorang Memiliki Stretch Mark

Timbulnya stretch mark pada kulit dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya sebagai berikut.

1. Berat badan

Kenaikan berat badan yang drastis merupakan tanda ketidakseimbangan energi yang masuk dengan yang keluar. Peningkatan berat badan ini menyebabkan peregangan kulit.

2. Pubertas

Pubertas juga mempengaruhi timbulnya stretch mark pada kulit karena dipengaruhi oleh perubahan hormonal dan perkembangan tubuh. 

Tubuh seseorang yang sedang mengalami pubertas seperti dipaksa untuk meregang, perubahan kondisi secara mendadak inilah yang menyebabkan terjadinya stretch mark.

3. Kondisi medis

Kondisi seseorang yang mengalami kelainan genetik seperti sindrom Marfan, sindrom Cushing, dan sindrom Ehlers-Danlos yang bisa menyebabkan berkurangnya elastisitas kulit.

Dan pada beberapa kasus juga ditemukan bahwa seseorang dengan riwayat kondisi yang sama dalam silsilah keluarganya, cenderung akan lebih berisiko terdapat stretch mark pada kulitnya.

4. Kehamilan

Striae gravidarum merupakan kondisi kulit yang terjadi pada saat kehamilan. Munculnya stretch mark bisa disebabkan kenaikan atau penurunan berat badan saat masa hamil dan juga usia kehamilan. Kebanyakan ibu hamil cenderung akan mengalami kondisi kulit ini.

  1. Penggunaan losion dan krim

Tidak semua losion dan krim akan menyebabkan stretch mark, maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan kandungan pada losion yang kamu pakai. 

Kandungan kortikosteroid dalam krim pemutih merupakan salah satu penyebab timbulnya stretch mark pada kulit.

Mengatasi Stretch Mark dengan Krim Penghilang Stretch Mark

Pada dasarnya stretch mark tidak dapat dihilangkan, namun kamu dapat menyamarkannya. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi stretch mark, di antaranya adalah.

1. Diet

Salah satu faktor risiko stretch mark juga disebabkan oleh kenaikan berat badan dan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan diet. 

Diet sehat yang teratur dan terkontrol akan membantu kamu mengurangi berat badan, setidaknya stretch mark pada kulit akan lebih memudar. Namun, validitas dari pelaksanaan diet dengan menyamarkan stretch mark masih harus diuji kembali.

2. Olahraga

Selain membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, latihan fisik juga dapat memudahkan menurunkan berat badan.

3. Laser

Tidak semua orang dapat menghilangkan stretch mark dengan laser, terutama bagi orang yang berkulit gelap karena dapat menyebabkan perubahan pigmentasi.

4. Make up

Apabila kamu memiliki keahlian dalam bermakeup, kamu dapat memanfaatkan skill kamu untuk menyamarkan stretch mark dalam momen tertentu dengan singkat. Penggunaan foundation dan concealer dapat menyamarkan tampilan stretch mark untuk sementara.

5. Krim

Beberapa krim penghilang stretch mark dianggap dapat mengatasi stretch mark. Namun, yang perlu diingat adalah stretch mark merupakan kondisi kulit yang permanen, dan krim saja hanya dapat memudarkan stretch mark.

Kunci untuk menghilangkan stretch mark bukan dengan mengaplikasikan krim penghilang stretch mark, melainkan dengan menjaga elastisitas kulit. Jagalah kelembapan kulit agar selalu elastis dengan menggunakan pelembab kulit.

Hindari juga menggaruk kulit dengan kasar, jika gatal cukup dengan mengusap area tersebut dengan halus. Itulah cara menyamarkan stretch mark pada kulit agar penampilanmu tidak terganggu lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *