Menu Close

Khitan Adalah Prosedur Penting dan Menyimpan Banyak Manfaat

Sunat atau khitan adalah proses pengangkatan sebagian atau seluruh kulup dari penis. Proses ini biasanya dilakukan untuk alasan agama, sosial, dan kesehatan. American Academy of Pediatrics menemukan manfaat kesehatan dari sunat laki-laki baik yang baru lahir maupun yang orang dewasa daripada risikonya. 

Khitan atau sunat sangat dibutuhkan, terutama mereka yang memiliki kebutuhan medis untuk sunat, seperti saat kulup terlalu kencang untuk ditarik ke belakang melewati kelenjar. Dalam kasus lain, sunat dianjurkan untuk anak laki-laki yang lebih tua untuk mengurangi risiko infeksi menular seksual tertentu.

American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan manfaat sunat lebih besar daripada risikonya. Namun, AAP tidak merekomendasikan sunat rutin untuk semua bayi laki-laki yang baru lahir. AAP menyerahkan keputusan sunat kepada orang tua dan mendukung penggunaan anestesi untuk bayi yang menjalani prosedur tersebut. Khitan memiliki banyak manfaat seperti berikut.

1. Mengurangi risiko kanker prostat

Sebuah penelitian besar baru-baru ini yang diterbitkan di BJU International menemukan bahwa sunat memiliki efek perlindungan terhadap risiko kanker prostat. Studi tersebut menemukan bahwa pria yang disunat ketika mereka berusia lebih dari 35 tahun menurunkan risiko kanker prostat sebesar 45 persen. 

Untuk pria yang disunat dalam waktu 1 tahun setelah kelahiran, risiko kanker prostat menurun sebesar 14 persen. Temuan ini penting, terutama untuk populasi yang berisiko tinggi terkena kanker prostat. Meskipun kanker penis jarang terjadi, kondisi ini akan membantu persentase semakin berkurang dan lebih jarang terjadi pada pria yang disunat. Selain itu, kanker serviks lebih jarang terjadi pada pasangan seksual wanita dari pria yang disunat.

2. Menurunkan risiko terjangkit HIV

Tiga penelitian menemukan bahwa sunat memiliki efek perlindungan terhadap HIV. Penelitian yang dilakukan di Kenya, Afrika Selatan, dan Uganda mengungkapkan bahwa sunat menurunkan risiko pria terinfeksi HIV sebanyak 60 persen.

Pria yang disunat mungkin memiliki risiko lebih rendah terkena infeksi menular seksual tertentu, termasuk HIV. Namun, praktik seksual yang aman tetap penting dilakukan, salah satunya penggunaan kondom.

3. Rendahnya tingkat kondisi medis yang serius

Sebuah studi baru yang diterbitkan di Mayo Clinic Proceedings menemukan bahwa setengah dari pria yang tidak disunat akan mengalami kondisi medis yang merugikan yang disebabkan oleh kulup selama hidup. Studi tersebut mengatakan manfaat sunat mampu mengurangi berbagai risiko masalah tersebut dan hampir tidak ada keluhan seputar kulup bagi mereka yang sudah sunat.

4. Menurunkan risiko infeksi

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa anak laki-laki yang tidak disunat lebih mungkin terkena infeksi saluran kemih daripada anak laki-laki yang disunat. Menurut sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal, risiko infeksi sekitar 88 persen lebih rendah pada anak laki-laki yang disunat.

Risiko infeksi saluran kemih pada pria memang rendah, tetapi infeksi ini lebih sering terjadi pada pria yang tidak disunat. Infeksi parah di awal dapat menyebabkan masalah ginjal di kemudian hari.

5. Lebih mudah menjaga kebersihan

Sunat atau khitan adalah cara yang membuat Anda lebih mudah untuk mencuci penis. Namun, anak laki-laki dengan penis yang tidak disunat dapat diajarkan untuk mencuci secara teratur di bawah kulup agar tetap bersih dan terhindar dari infeksi.

6. Mencegah masalah penis

Terkadang kulup pada penis yang tidak disunat bisa sulit atau tidak mungkin untuk ditarik kembali (phimosis). Hal ini dapat menyebabkan peradangan pada kulup atau kepala penis. Risiko tidak disunat, bagaimanapun dapat dihindari dengan perawatan penis yang tepat.

Sunat mungkin bukan pilihan jika ada gangguan pembekuan darah tertentu. Selain itu, sunat mungkin tidak dianjurkan untuk dilakukan dengan segera jika bayi prematur dan masih memerlukan perawatan medis di kamar bayi rumah sakit. Selain itu, sunat juga tidak diperbolehkan untuk bayi yang lahir dengan kelainan penis. 

Sunat atau khitan adalah prosedur medis yang tidak mempengaruhi kesuburan, sunat juga tidak secara umum dianggap meningkatkan atau mengurangi kenikmatan seksual bagi pria atau pasangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *