Menu Close

Ketahui Prosedur Tindakan Laparoskopi di RSIA Setya Bhakti

Laparoskopi adalah prosedur pembedahan yang melibatkan penggunaan suatu alat yang disebut dengan nama laparoskop. Prosedur laparoskopi dilakukan dengan memasukkan instrumen laparoskop melalui sayatan kecil di perut. Salah satu rumah sakit yang menyediakan layanan prosedur laparoskopi adalah RSIA Setya Bhakti.

Laparoskopi yang merupakan salah satu dari layanan dari RSIA Setya Bhakti ini biasanya digunakan untuk melakukan diagnosis gangguan dan penyakit yang terjadi pada panggul, rahim, serta kandung kemih.

Prosedur Laparoskopi

Saat melakukan prosedur laparoskopi, ahli bedah akan menggunakan suatu alat tipis yang disertai lampu dan kamera untuk membantu memudahkan mereka melihat kerusakan organ dan penyakit dengan lebih jelas. Selama prosedur laparoskopi dilakukan, dokter atau ahli bedah akan memasukkan laparoskop ke dalam perut melalui sayatan kecil yang sudah dibuat di perut. Mereka kemudian akan menggunakan kateter yang memungkinkan pencitraan organ di perut dan panggul jadi terlihat jelas.

Setelah prosedur laparoskopi selesai, ahli bedah akan mengeluarkan sebagian besar karbon dioksida dari perut, kemudian mengeluarkan semua instrumen, menutup sayatan dengan jahitan, lalu menutupi area tersebut dengan perban kecil. 

Jika Anda perlu mendapatkan anestesi saat prosedur laparoskopi dilakukan, maka sebelum tindakan tersebut sebaiknya Anda berpuasa selama enam jam atau lebih. Anda bahkan diberi instruksi untuk tidak minum air selama waktu tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya selalu tanyakan hal-hal tersebut kepada petugas layanan kesehatan Anda. Selain itu, jika Anda mendapat anestesi, pastikan untuk memiliki seseorang yang bisa mengantar Anda pulang ke rumah. Hal ini karena usia melakukan laparoskopi, biasanya Anda akan merasa pusing dan bingung.

Tujuan Prosedur Laparoskopi

Laparoskopi merupakan operasi invasif minimal yang digunakan untuk prosedur diagnostik. Berikut beberapa tujuan umum prosedur laparoskopi.

  • Melakukan diagnosis dan pengobatan endometriosis, nyeri panggul kronis, penyakit radang panggul, dan penyebab ketidaksuburan.
  • Mengangkat fibroid, rahim, kista ovarium, kelenjar getah bening atau kehamilan ektopik.
  • Proses pengobatan beberapa kondisi kesehatan seperti inkontinensia urin, prolaps organ panggul, dan membantu mengobati beberapa bentuk kanker tertentu.
  • Digunakan untuk mengevaluasi jenis kanker tertentu, seperti kanker rahim, leher rahim dan ovarium.

Biasanya, usai mendapatkan prosedur laparoskopi, Anda akan merasa lelah atau mual karena anestesi yang telah diberikan. Pada umumnya, Anda akan dipulangkan dari rumah sakit pada hari operasi, meskipun terkadang rawat inap diperlukan untuk orang dengan kondisi yang membutuhkan pemulihan penuh, seperti histerektomi laparoskopi yang melibatkan pengangkatan rahim.

Manfaat dan Risiko Prosedur Laparoskopi

Laparoskopi yang merupakan salah satu layanan yang tersedia di RSIA Setya Bhakti. Berikut beberapa manfaat dan risiko dari melakukan prosedur laparoskopi.

Manfaat laparoskopi meliputi:

  • rasa sakit yang ditimbulkan lebih sedikit daripada menggunakan prosedur terbuka
  • lebih cepat pulih 
  • sayatan yang dilakukan pada saat tindakan laparoskopi lebih kecil
  • meminimalisir risiko terkena infeksi

Tak hanya membawa manfaat, tindakan laparoskopi juga menimbulkan risiko seperti:

  • pendarahan dan kemungkinan butuh tindakan transfusi darah
  • rentan mengalami infeksi
  • berisiko terjadi kerusakan di struktur internal tubuh seperti pembuluh darah, usus, lambung, kandung kemih, dan ureter
  • reaksi tubuh yang merugikan karena terkena anestesi
  • radang atau infeksi pada perut
  • penggumpalan darah

Usia mendapatkan tindakan laparoskopi, biasanya Anda akan bisa melanjutkan aktivitas secara normal dalam 1 atau 2 hari usai melaksanakan operasi. Anda juga bisa menanyakan tentang apa saja larangan dan instruksi pasca operasi yang perlu Anda taati. 

Untuk Anda yang membutuhkan layanan laparoskopi, Anda bisa mendapatkannya di RSIA Setya Bhakti yang berlokasi di Jalan Raya Bogor KM 30 No. 35, Mekarsari, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16953. RSIA Setya Bhakti memiliki jam operasional mulai hari Senin hingga minggu dengan layanan Gawat Darurat 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *