Menu Close

Kegiatan Membuat Journaling Bisa Membuat Terapi Kesehatan Mental

Kegiatan Membuat Journaling Bisa Membuat Terapi Kesehatan Mental

Terapi journaling, juga disebut sebagai terapi penulisan jurnal atau terapi menulis sederhana, melibatkan penggunaan terapi latihan jurnal dan petunjuk untuk membawa kesadaran dan meningkatkan kondisi kesehatan mental sebagai akibat dari konflik dalam dan luar. Menurut Center for Journal Therapy, ini adalah “penggunaan tulisan reflektif yang disengaja dan disengaja untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mental, fisik, emosional, dan spiritual.” Meskipun ada beberapa profesional yang hanya berspesialisasi dalam terapi jurnal, banyak psikoterapis memasukkan penulisan jurnal terapeutik ke dalam perawatan mereka.

Apa Perbedaan Antara Terapi Jurnal dan Membuat Jurnal?

Terapi jurnal berasal dari tahun 1960-an dengan metode Jurnal Intensif dari psikolog Dr. Ira Progoff. Dengan perkembangannya, potensi terapi menulis jurnal pindah ke pandangan publik. Sebelumnya, fungsi utama penulisan jurnal adalah mencatat peristiwa dan pengalaman dari sudut pandang naratif. Membuat buku harian, meskipun kemungkinan besar bermanfaat bagi penulisnya, tidak dilihat sebagai proses terapeutik.

Saat ini, terapi jurnal dianggap sebagai modalitas yang berdiri sendiri—seperti terapi seni atau terapi musik. Terapis jurnal dapat dilatih melalui program yang disetujui oleh Federasi Nasional untuk Terapi Biblio/Puisi, atau program independen seperti Pusat Terapi Jurnal Kathleen Adams atau Rumah Dialog Dr. Ira Progoff. Tetapi mereka yang tidak dilatih oleh program pelatihan terapi jurnal yang disetujui masih dapat menggunakan penulisan jurnal dengan orang-orang yang datang kepada mereka untuk terapi. Integrasi penulisan jurnal ke dalam berbagai jenis psikoterapi ini disebut “penulisan jurnal terapeutik.”

Salah satu perbedaan utama antara membuat jurnal dan terapi jurnal adalah cara pengalaman internal, pikiran, dan perasaan ditangkap. Terapi jurnal memungkinkan seseorang untuk menulis, berdialog dengan, dan menganalisis masalah dan kekhawatiran mereka. Penulisan jurnal terapeutik dan terapi jurnal menggunakan petunjuk menulis dan latihan untuk mendukung kerja terapi. Praktek ini memungkinkan orang untuk menjadi reflektif, introspektif, dan disengaja tentang tulisan mereka.

Bagaimana Terapi Jurnal Alias Journaling Bekerja?

Terapi jurnal terutama digunakan dengan orang-orang dalam terapi untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan, mendorong perubahan dan pertumbuhan, dan lebih mengembangkan rasa diri mereka. Melalui berbagai petunjuk dan kegiatan menulis, terapis jurnal akan membimbing seseorang dalam perawatan menuju tujuannya. Tindakan menuliskan hal-hal sering meredakan ketegangan dan dapat membawa kejelasan untuk masalah yang dihadapi.

Meskipun penulisan journaling dapat digunakan dengan cara yang tidak terbatas, ada beberapa proses umum yang digunakan sebagian besar terapis. Seorang terapis mungkin meminta agar orang yang menjalani terapi memulai setiap sesi dengan latihan menulis untuk menyatakan niatnya untuk sesi tersebut atau untuk mempertajam masalah yang ada. Seorang terapis mungkin menggunakan penulisan jurnal sebagai cara komunikasi antara orang yang menjalani terapi dan terapis, dengan memanfaatkan lapisan tambahan yang disediakan oleh penulisan keselamatan. Di akhir sesi, terapis dapat menugaskan orang tersebut dalam pekerjaan rumah terapi yang dapat diproses di sesi berikutnya.

Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin mencari terapis yang menggunakan penulisan jurnal sebagai bagian dari rencana perawatan. Psikoterapis dan terapis yoga Dr. Lynn Somerstein, RYT, di New York City, mengatakan bahwa dia telah menggunakan teknik menulis jurnal dengan orang-orang yang mengalami kesulitan memproses pikiran mereka. Terapis mungkin menemukan manfaat serupa ketika menggunakan penulisan jurnal terapeutik dengan orang-orang dalam perawatan mereka yang kesulitan melacak kemajuan mereka, seperti yang dijelaskan oleh terapis pernikahan dan keluarga Kathy Hardie-Williams, NCC, LPC, LMFT, di Tigard, Oregon: “Beberapa telah menemukannya berharga untuk menyimpan jurnal dan kemudian kembali dan membacanya untuk melihat seberapa jauh kemajuan mereka.”

Latihan dan Anjuran Terapi Jurnal

Ada banyak cara kreatif dan efektif agar kebiasaan journaling dapat digunakan dalam pengobatan. Beberapa teknik ini dapat digunakan sesekali, seperti dalam penulisan jurnal terapi, atau untuk seluruh rangkaian perawatan, seperti dalam terapi jurnal. Beberapa contoh latihan jurnal dan petunjuk yang mungkin terlihat dalam terapi meliputi:

  • Jurnal dengan Foto: Orang-orang memilih foto-foto pribadi dan menghabiskan waktu dalam sesi menulis tanggapan atas serangkaian pertanyaan tentang foto-foto itu. Pertanyaan dapat mencakup hal-hal seperti “Apa yang Anda rasakan saat melihat foto-foto ini?” atau “Apa yang ingin Anda katakan kepada orang, tempat, atau hal-hal di foto ini?”
  • Menulis Surat: Seseorang dalam terapi diminta untuk menulis surat kepada seseorang tentang berbagai masalah yang dia alami. Orang dapat memilih untuk menulis kepada siapa saja, termasuk orang yang mereka kenal, bagian dari diri mereka, atau seseorang yang telah hilang. Misalnya, seseorang mungkin menulis surat kepada orang tua yang sudah meninggal untuk memberi tahu mereka apa yang sedang dialami.
  • Entri Jurnal Berwaktu: Ini adalah teknik yang baik untuk digunakan dengan mereka yang mengalami kesulitan memfokuskan pikiran mereka. Terapis dan orang dalam terapi memutuskan topik umum dan kemudian orang dalam terapi memiliki alokasi waktu singkat, biasanya 5-10 menit, untuk menulis tentang hal itu.
  • Kalimat Kalimat: Terapis memberikan serangkaian kalimat terbuka untuk orang dalam terapi untuk menyelesaikan. Misalnya, terapis mungkin menyarankan, ‘Hal yang paling saya khawatirkan adalah …’ atau ‘Saya sulit tidur ketika …’ atau ‘Ingatan saya yang paling bahagia adalah …’
  • Daftar 100: Terapis meminta orang dalam terapi untuk membuat daftar 100 item yang berhubungan dengan tema atau topik yang dipilih. Proses ini kemungkinan besar akan menghasilkan pengulangan item atau pola tertentu yang akan ditinjau dan didiskusikan oleh terapis dan individu. Contoh daftar prompt termasuk 100 Hal yang Membuat Saya Sedih, 100 Alasan untuk Bangun di Pagi Hari, 100 Hal yang Saya Suka, atau 100 Hal yang Ingin Saya Lakukan Dengan Hidup Saya.
  • Dialog: Dalam teknik ini, terapis dan orang dalam terapi pertama-tama akan memilih dua posisi, bagian, atau sudut pandang dalam diri orang dalam terapi atau dari sumber eksternal. Orang yang menjalani terapi kemudian akan menulis dialog antara dua entitas ini. Proses ini dapat meningkatkan kesadaran tentang perjuangan psikologis atau memberikan perspektif alternatif tentangnya. Misalnya, terapis mungkin menyarankan orang dalam terapi membangun percakapan antara diri anak dan diri masa depannya.

Tips Penulisan Jurnal atau Journaling Therapy

Penulisan journaling terapeutik telah menjadi alat bantu diri yang populer. Selain itu, banyak terapis memberikan petunjuk menulis jurnal untuk pekerjaan rumah. Tercantum di bawah ini adalah beberapa tip tentang cara memasukkan penulisan jurnal terapeutik ke dalam rutinitas perawatan diri Anda.

  • Pastikan privasi Anda: Simpan materi jurnal Anda di tempat yang aman.
  • Kembali ke apa yang telah Anda tulis: Simpan semua yang Anda tulis, bila perlu, dan tinjaulah sesering mungkin. Proses kembali ke apa yang telah Anda tulis tidak hanya dapat memicu inspirasi untuk penulisan di masa depan, tetapi juga dapat menawarkan perspektif tentang seberapa jauh Anda telah melangkah.
  • Atur waktu sendiri: Menggunakan latihan menulis berwaktu dapat membantu Anda menghindari hambatan penulis dan membantu Anda memanfaatkan materi bawah sadar yang relevan.
  • Menulis dengan bebas: Tutup mulut kritik Anda dan abaikan keinginan untuk mengedit karya Anda. Penulisan jurnal terapeutik tidak dimaksudkan untuk menjadi cantik atau benar secara tata bahasa; itu dimaksudkan untuk menjadi nyata.
  • Jujurlah dengan diri sendiri: Hormati pikiran, perasaan, dan pengalaman Anda dengan keaslian yang layak mereka dapatkan. Lebih banyak pekerjaan akan diselesaikan ketika Anda adalah diri sejati Anda dalam tulisan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *