Menu Close

Jangan Diremehkan, Ini Tanda-tanda Milk Blister yang Perlu Diwaspadai

Milk Blister

Apakah Anda sedang menyusui dan mengalami kemunculan bintik-bintik putih di sekitar puting? Jika iya, bisa saja Anda mengalami milk blister, kondisi penyumbatan pori-pori puting yang membuat susu pun ikut tersumbat dan muncul dalam bentuk bintik-bintik putih.

Susu yang tersumbat ada di dalam bintik-bintik putih tersebut. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan ketika menyusui. Bila tidak diatasi, bintik-bintik atau blister ini bisa menghambat proses menyusui bayi Anda. 

Mewaspadai gejala milk blister

Ada beberapa karakteristik yang menjadi ciri-ciri atau tanda dari kemunculan blister. Berikut ini beberapa tanda-tandanya: 

  • Bintik-bintik menyerupai lepuh berwarna putih
  • Tekstur bintik yang lembut
  • Muncul cairan susu ketika bintik-bintik tersebut dipencet atau diangkat
  • Lepuh tampak semakin menonjol ketika kulit di sekitarnya ditekan
  • Rasa sakit di area bintik

Jika mengalami tanda-tanda di atas, kemungkinan besar Anda mengalami kondisi milk blister. Jangan remehkan tanda-tanda itu, apalagi jika sudah menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Cobalah mencari cara untuk mengatasi blister tersebut, misalnya dengan berkonsultasi ke dokter Anda. 

Mengapa ibu menyusui bisa mengalami milk blister?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kondisi ini terjadi akibat penyumbatan pori-pori puting yang membuat aliran susu pun menjadi terhambat. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan penyumbatan ini, contohnya seperti: 

  • Suplai ASI yang berlebihan
  • Gangguan mengisap pada bayi
  • Bayi tidak menempel seutuhnya ketika menyusui
  • Tekanan berlebih pada area tertentu di payudara
  • Sariawan pada mulut bayi

Untuk mengetahui dengan pasti penyebab blister yang Anda alami, mungkin Anda perlu melakukan pengobatan ke dokter. Dokter bisa membantu memberikan diagnosa serta memperkirakan penyebab dari kemunculkan bintik yang Anda alami. 

Perawatan secara mandiri di rumah

Selain melakukan pengobatan ke dokter, kondisi milk blister juga bisa diatasi dengan perawatan mandiri di rumah. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bintik-bintik ini, beberapa di antaranya meliputi:

  • Mengompres dengan minyak zaitun

Anda bisa mencoba menggunakan minyak zaitun untuk mengompres area puting. Minyak zaitun berfungsi agar area puting tetap lembab sehingga tidak mudah terluka ketika menyusui.

Pertama-tama, rendam kapas di dalam minyak zaitun. Setelah seluruh kapas terendam dan menjadi lembab, tempelkan kapas tersebut di area puting Anda. Sebelum menyusui, bersihkan area puting untuk memastikan tidak ada sisa minyak zaitun yang menempel. 

  • Menggunakan larutan garam

Larutan garam dipercaya mampu mengatasi sumbatan, termasuk sumbatan yang menyebabkan milk blister. Anda hanya perlu merendam puting di dalam larutan garam selama beberapa menit setiap 3-4 kali dalam sehari.

Untuk membuat larutan air garam, Anda bisa mencampurkan air bersih dengan dua sendok the garam. Gunakanlah air hangat, bukan air yang terlalu dingin maupun terlalu panas. 

  • Obat pereda nyeri

Sesuai namanya, obat pereda nyeri memiliki fungsi utama untuk menghilangkan rasa sakit. Apabila rasa nyeri yang disebabkan oleh blister sudah sangat parah, Anda bisa mencoba mengonsumsi obat pereda nyeri.

Akan tetapi, karena Anda masih berada di tengah masa menyusui, sebaiknya konsultasikan dulu mengenai pemakaian obat pereda nyeri dengan dokter Anda. Hal ini penting guna memastikan obat yang Anda konsumsi memang aman bagi kesehatan bayi.

Jangan abaikan tanda-tanda atau ciri-ciri milk blister yang mungkin Anda alami. Segera lakukan upaya perawatan mandiri untuk meredakan masalah blister dan memudahkan bayi untuk menyusui. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *