Menu Close

Hal-hal Penting Saat Pakai Masker Medis 3 Ply

masker medis 3 ply

Ada banyak jenis masker yang bisa digunakan untuk melindungi Anda dari paparan virus. Di antara berbagai jenis masker yang ada, salah satu yang dipercaya paling efektif adalah masker medis 3 ply.

Masker medis merupakan masker yang umumnya dipakai untuk keperluan medis, seperti saat dokter menjalankan operasi pada pasien. Tapi, sejak pandemi melanda, masker jenis ini tidak lagi sekedar dipakai oleh para tenaga medis, tapi juga oleh masyarakat umum.

Perhatian saat memakai masker medis 3 ply

Ketika akan memakai masker medis, pastikan Anda menggunakannya dengan cara yang tepat. Agar pemakaian masker Anda lebih maksimal, berikut ini beberapa hal yang  perlu Anda perhatikan:

  • Tidak terlalu ketat atau longgar

Ada yang beranggapan bahwa memakai masker lebih baik dengan cara yang ketat demi menghindari masuknya virus. Padahal, ini adalah pemahaman yang keliru.

Anda dianjurkan untuk memakai masker medis dengan tingkat kekencangan yang standar, tidak terlalu ketat dan juga tidak terlalu longgar. Kalau terlalu ketat, Anda berpotensi mengalami kesulitan bernapas.

Sementara, jika terlalu longgar, maka Anda tidak bisa terlindungi dengan efektif dari paparan virus. 

  • Menutup seluruh bagian hidung dan mulut

Virus lebih mudah masuk melalui hidung dan mulut Anda. Karena itu, ketika memakai masker medis 3 ply, pastikan Anda sudah menutupi semua bagian tersebut.

Meskipun terasa menganggu, jangan sengaja menurunkan masker Anda demi bisa bernapas dengan lega melalui hidung. Hal ini berbahaya, karena virus bisa dengan mudah masuk melalui hidung Anda.

Sebaiknya Anda juga tidak terlalu sering memakai dan melepas masker. Selama beraktivitas di tempat umum, pastikan untuk terus memakainya.

  • Tidak dipakai bersama orang lain

Jangan menggunakan masker bersama dengan orang lain, meskipun itu adalah anggota keluarga Anda sendiri. Anda dianjurkan untuk selalu memakai masker medis yang terbaru, bukan bekas dipakai orang lain.

Selain itu, setelah selesai menggunakan masker pun, jangan menyimpan masker medis Anda. Masker medis 3 ply tidak dianjurkan untuk pemakaian berulang. Jadi, segera buang masker Anda.

Anda bisa mencoba membawa masker medis cadangan ketika beraktivitas di luar ruangan. Jadi, setelah beberapa jam, Anda bisa membuang dan mengganti masker Anda. 

Perlindungan tambahan dari virus

Menggunakan masker medis memang menjadi solusi utama untuk mellindungi diri Anda dari paparan virus. Namun, selain itu, Anda juga bisa memaksimalkan perlindungan diri dengan melakukan perlindungan tambahan berupa:

  • Rutin mencuci tangan

Selalu cuci tangan Anda setelah melakukan aktivitas apapun. Terlebih lagi jika Anda memegang benda di tempat publik atau bersentuhan dengan orang lain.

Cuci tangan Anda menggunakan air bersih serta sabun antiseptik. Setelah pulang ke rumah pun, langsung cuci tangan Anda sebelum melakukan kegiatan yang lain. 

  • Menjaga jarak dengan orang lain

Jaga jarak Anda dari orang lain selama pandemi. Jangan melakukan aktivitas dalam jarak yang terlalu dekat. Setidaknya, beri jarak sekitar satu meter antara Anda dengan orang lain di sekitar Anda. 

Ini penting guna menghindari penyebaran droplet yang tidak disadari dari Anda ke orang lain, atau juga sebaliknya. Selama tidak ada urusan yang sangat mendesak, maka hindari beraktivitas di tempat umum.Berikan diri Anda sendiri perlindungan dari virus dengan masker medis 3 ply. Anda bisa membeli masker secara bebas di toko obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *