Menu Close

Fakta Anak Pertama Menurut Penelitian

Fakta Anak Pertama Menurut Penelitian

Setiap anak dalam keluarga memiliki karakter yang berbeda-beda. Banyak yang mengatakan karakteristik setiap anak dipengaruhi oleh urutan kelahiran mereka. Karena itu, banyak yang membuat riset mengenai fakta anak pertama, fakta anak kedua atau fakta anak terakhir. Yang ternyata urutan kelahiran bisa memengaruhi perilaku dan kesehatan anak.

Fakta Anak Pertama Menurut Penelitian

Ada beberapa hal umum yang menjadi ciri khas anak pertama, meski tidak semua anak pertama memiliki kesamaan. Agar lebih jelas, berikut beberapa fakta anak pertama menurut penelitian.

Memiliki Kesempatan Kuliah Lebih Tinggi

Peneliti di Institut Penelitian Sosial dan Ekonomi Universitas Essex melakukan survey pada 3.553 individu yang termasuk di dalamnya 1.503 kelompok saudara kandung. Dari penelitian tersebut mengungkapkan jika anak pertama memiliki peluang 16 persen lebih besar untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi dibandingkan dengan adik-adik mereka.

Cenderung Lebih Mandiri

Saat adik mereka lahir ke dunia, anak pertama cenderung atau terpaksa belajar mandiri karena perhatian orang tua yang terbagi. Orang tua akan sulit mengurus anak pertama karena adanya anak kedua yang baru lahir, sehingga anak pertama akan belajar untuk mengurus dirinya sendiri. Kebiasaan tersebutlah yang membuat anak pertama lebih mandiri dibandingkan adik-adiknya.

Menjadi Pemimpin

Perbedaan usia anak pertama dan adik-adiknya, membuat anak pertama seringkali berperan sebagai pengganti orang tua. Mereka harus mengurus dan bertanggung jawab atas adik-adiknya. Hal inilah yang membuat anak pertama cenderung mudah bersikap sebagai layaknya pemimpin. Bahkan dalam penelitian University of Georgia juga mengungkapkan anak pertama lebih cenderung berperan sebagai pemimpin. Seperti beberapa presiden Amerika Serikat yang mayoritas adalah anak pertama

Lebih Kurus

Fakta anak pertama selanjutnya berkaitan dengan kesehatan. Sebuah penelitian di Selandia Baru mengungkapkan jika anak pertama memiliki berat badan cenderung lebih kurus jika dibandingkan dengan adik-adiknya. Para ilmuwan berpikir jika hal itu berkaitan dengan keadaan rahim ibu yang berubah setelah kehamilan pertamanya.

Dalam penelitian tersebut juga mengklaim jika anak pertama berisiko terkena diabetes karena gula darah lebih sulit menyerap ke dalam tubuh.

Cenderung Lebih Pintar

Anak pertama cenderung memiliki IQ lebih tinggi dibandingkan daripada anak kedua. Ini diungkapkan dari penelitian University of Illinois yang menggunakan 377.000 sampel anak sekolah. Dari penelitian tersebut mereka menemukan jika anak pertama cenderung lebih teliti, terbuka dan menyenangkan.

Selain itu, anak pertama cenderung memiliki waktu lebih banyak dengan orang tuanya sebelum anak kedua lahir. Hal itu membuat orang tua dapat lebih meluangkan waktu untuk mengajari anak pertama berbagai macam hal.

Pekerja Keras

Fakta anak pertama selanjutnya ialah mereka yang berorientasi pada prestasi. Anak pertama memiliki kecenderungan untuk bekerja lebih keras demi membuat orang tuanya terkesan sedangkan anak kedua lebih cenderung ingin menang dari anak pertama.

Banyak orang tua yang menjadikan anak pertama sebagai contoh untuk adik-adiknya, karena itu anak pertama akan bekerja lebih keras demi mencontohkan hal baik kepada adik-adiknya.

Lebih Suka Memerintah

Anak pertama khususnya perempuan, lebih mudah memerintah hal ini tentu sejalan dengan kecenderungan mereka sebagai pemimpin. Anak pertama perempuan juga lebih mendominasi dibandingkan anak pertama laki-laki.

Taat Pada Aturan

Anak pertama lebih sering mendapatkan didikan keras dari orang tuanya demi menjadi contoh yang baik untuk adik-adiknya. Mereka lebih tunduk pada aturan ketat serta memiliki pemantauan ketat dari orang tuanya. Hal ini membuat anak pertama tidak memiliki kecenderungan menjadi seorang pemberontak.

Memiliki Sifat Lebih Baik

Sejalan dengan poin sebelumnya, karena menjadi contoh baik untuk adik-adiknya, anak pertama memiliki sifat yang lebih baik. Mereka memiliki kemungkinan lebih kecil menggunakan obat-obatan terlarang.

Merawat adik-adiknya dengan baik, juga membuat anak pertama lebih peduli terhadap orang lain.

Itulah beberapa fakta anak pertama menurut penelitian. Jadi apakah sudah sesuai dengan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *