Menu Close

Cara Memerah ASI dengan Tangan yang Benar

Cara Memerah ASI dengan Tangan yang Benar

Di masa menyusui, Anda perlu memompa payudara agar ASI tersalurkan dengan baik. Apabila Anda ingin mengeluarkan ASI, Anda perlu tahu cara memerah ASI dengan tangan yang benar dan tepat. 

Memerah ASI menggunakan tangan memiliki banyak manfaat. Ini bisa menjadi solusi apabila tidak memungkinkan bagi Anda untuk memerah ASI menggunakan breast pump.

Urutan cara memerah ASI dengan tangan

Apabila Anda ingin memerah ASI dengan tangan Anda sendiri, pastikan Anda tahu langkah tepatnya sebagai berikut: 

  1. Cuci tangan Anda sampai bersih. Pastikan tidak ada kuman yang bisa membuat ASI menjadi terkontaminasi
  2. Posisikan tubuh dengan nyaman dan rileks. Coba visualisasikan dalam pikiran mengenai susu yang mengalir untuk menstimulasi keluarnya ASI
  3. Pegang payudara dengan jari telunjuk dan jempol membentuk huruf “C”. Posisi jari harus dekat dengan puting, tapi tidak di area lingkaran sekitar puting yang disebut areola
  4. Tekan jari-jari ke belakang, ke arah dada. Peras dengan lembut menggunakan jari, kemudian berhenti memeras tanpa melepaskan jari dari payudara
  5. Ulangi gerakan yang sama di payudara yang lain. Beri jeda antara 3-5 menit untuk setiap perasan

Langkah-langkah di atas merupakan urutan yang tepat sebagai cara memerah ASI dengan tangan. Sebelum memerah ASI, Anda juga bisa mencoba memijat payudara dengan lembut agar lebih rileks. 

Manfaat memerah ASI dengan tangan

Memerah ASI penting untuk memastikan ASI bisa digunakan dengan maksimal. Terkadang, payudara ibu menyusui bisa membengkak akibat produksi ASI.

Oleh sebab itu, ASI perlu dikeluarkan. Mungkin bayi Anda sudah kenyang dan belum waktunya untuk menyusui lagi. Oleh sebab itu, ASI yang dikeluarkan bisa disimpan ke wadah untuk diberikan pada bayi di lain waktu. 

Selain itu, memerah ASI menggunakan tangan bisa mendatangkan beragam manfaat bagi Anda. Manfaat tersebut antara lain: 

Mengatasi saluran yang tersumbat

Terkadang, saluran ASI bisa mengalami sumbatan. Ini akan menghambat asupan ASI yang memadai saat bayi sedang menyusui.

Anda bisa memerah ASI agar ASI dikeluarkan dengan baik melalui saluran di payudara. Dengan begitu, bayi Anda juga bisa mendapatkan kadar ASI yang lebih banyak.

Mengontrol tekanan saat memerah

Mengetahui cara memerah ASI dengan tangan akan membantu Anda untuk mengontrol tekanan ketika memompa. Hal ini tidak bisa Anda lakukan jika menggunakan breast pump.

Beberapa wanita tidak suka memompa ASI dengan alat seperti breast pump karena dianggap terlalu keras dan membuat tidak nyaman. Jika Anda termasuk salah satunya, Anda bisa memilih memompa dengan tangan agar bisa mengatur tekanan sesuai selera.

Menyimpan stok ASI

Setelah memerah ASI, Anda bisa menyimpan ASI yang dikeluarkan ke dalam wadah. Wadah tersebut disimpan di dalam freezer dan bisa bertahan hingga beberapa minggu atau bahkan hingga satu tahun.

Jadi, meskipun nantinya tubuh Anda sudah berhenti memproduksi ASI, Anda tetap bisa memberikan ASI yang bernutrisi kepada bayi Anda. Inilah salah satu keunggulan memerah ASI.

Anda bebas memilih untuk memerah ASI dengan tangan atau menggunakan breast pump. Bila menggunakan tangan, Anda bisa lebih hemat biaya dan tidak perlu repot-repot membersihkan alat sebelum menggunakannya.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai cara memerah ASI dengan tangan yang benar dan tepat. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami kekeliruan ketika memompa ASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *