Menu Close

Berbagai Manfaat Vitamin D3 -400 Untuk Tubuh Kita

Vitamin D3, juga dikenal sebagai “vitamin sinar matahari”, memberikan manfaat bagi seluruh tubuh Anda. Saat bersirkulasi melalui aliran darah Anda, ini membantu penyerapan kalsium dan fosfor, yang membantu menjaga tulang Anda tetap kuat. Ini terlibat dalam sistem kekebalan yang sehat, dan bermanfaat untuk suasana hati, kesehatan jantung, dan bahkan penurunan berat badan. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari makanan dan suplemen, dan kulit Anda menghasilkan D3-400 saat terkena sinar matahari.

Vitamin D yang Anda dapatkan melalui suplemen makanan atau makanan yang diperkaya hadir dalam dua bentuk:

  • Vitamin D2 (ergocalciferol) ditemukan di beberapa tanaman.
  • Vitamin D3 (cholecalciferol) ditemukan pada hewan.

Kedua jenis tersebut serupa tetapi memiliki beberapa perbedaan penting. Keduanya membutuhkan pemrosesan kimiawi di hati dan ginjal untuk menjadi aktif di dalam tubuh, tetapi enzim yang berbeda mengaktifkan bentuk yang berbeda

Setelah aktif, vitamin D mengikat beberapa sel di tubuh Anda untuk membantu mereka mengatur berapa banyak kalsium dan fosfat yang Anda serap dari makanan. Prosesnya sama untuk D2 dan D3, tetapi D3 lebih efisien dan bertahan lebih lama dari D2. Vitamin D3 juga diketahui meningkatkan kadar vitamin D secara keseluruhan dalam darah lebih efektif daripada D2.

Inilah sebabnya mengapa vitamin D3 mendapat lebih banyak perhatian dan lebih banyak ruang di rak-rak toko. Anda membutuhkan lebih sedikit vitamin D3 untuk efek yang sama, jadi itu bentuk yang lebih diinginkan.

Jika Anda menggunakan tabir surya secara konsisten, tidak terlalu terpapar sinar matahari,atau memiliki pigmentasi kulit yang lebih gelap, Anda mungkin tidak mendapatkan jumlah vitamin D yang disarankan. Sedikit makanan yang mengandung nutrisi secara alami, suplemen mungkin merupakan pilihan yang baik untuk beberapa orang. 

Suplemen adalah cara termudah untuk memastikan Anda mendapatkan cukup vitamin D3 setiap hari, dan bukti menunjukkan bahwa suplemen sama efektifnya dengan sinar matahari dan sumber makanan.

Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi suplemen vitamin D3, bicarakan dengan dokter Anda tentang apakah suplemen ini bermanfaat bagi Anda dan dosis apa yang sesuai. Kemudian, saatnya untuk menyaring opsi dan memilih produk berkualitas tinggi.

Keuntungan sehat

Vitamin D3-400 menawarkan banyak manfaat kesehatan. Diketahui untuk membantu memperkuat tulang dan otot, meningkatkan kekebalan, meningkatkan suasana hati, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan fungsi jantung.

Tulang

Vitamin D dikenal untuk membantu otot dan tulang. Ini meningkatkan penyerapan kalsium di usus kecil. Jika tubuh Anda tidak memiliki cukup vitamin D untuk menyerap kalsium, kalsium akan keluar dari tulang Anda. Itu membuat tulang menjadi lemah dan bisa menyebabkan patah tulang dan osteoporosis.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu mengurangi patah tulang dan meningkatkan kekuatan otot. Selain itu, vitamin D3 tingkat tinggi mungkin cocok untuk mencapai massa tulang puncak yang lebih tinggi di masa dewasa dan dengan demikian mencegah osteoporosis.

Kekebalan

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu melindungi dari infeksi saluran pernapasan akut dan pneumonia

Selama pandemi COVID-19, beberapa bukti awal muncul yang menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko infeksi dan penyakit parah. Namun, perlu penelitian mendalam untuk memastikan peran dari vitamin D3 dalam melawan virus corona.

Suasana hati

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan depresi klinis sering mengalami kekurangan vitamin D. Namun, tidak jelas apakah defisiensi berkontribusi pada depresi atau depresi mengubah perilaku  dan oleh karena itu menyebabkan defisiensi.

Karena para peneliti telah memeriksa dampak vitamin D pada otak, mereka telah menemukan kemungkinan mekanisme tindakan yang dapat menjelaskan bagaimana kekurangan dapat menyebabkan depresi. Mereka juga menemukan bukti bahwa meningkatkan kadar vitamin D membantu meringankan gejala. Studi yang lebih besar dan dirancang dengan baik masih diperlukan, tetapi sejauh ini temuan menjanjikan untuk vitamin D sebagai bagian dari rejimen pengobatan depresi.

Kesehatan jantung

Studi telah menemukan bahwa individu dengan obesitas dan tekanan darah tinggi cenderung memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin dapat membantu menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin D yang lebih tinggi memiliki risiko lebih tinggi terkena stroke dan serangan jantung, tetapi uji klinis belum menunjukkan bahwa suplemen vitamin D mengurangi risiko tersebut.

Kekurangan Vitamin D3

Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia mengalami kekurangan vitamin D. Gejala dan kondisi terkait termasuk

  • Kelemahan dan nyeri otot
  • Tulang lemah
  • Kelelahan
  • Rambut rontok
  • Depresi
  • Hipertensi
  • Peradangan
  • Radang sendi
  • Eksim

Vitamin D3-400 adalah nutrisi penting dalam makanan manusia. Ini penting untuk perkembangan dan fungsi normal banyak organ di tubuh. Anda harus mencoba mendapatkan asupan vitamin D3 harian yang direkomendasikan. Cobalah makan makanan yang mengandung vitamin D3, dan konsumsi suplemen jika Anda tidak merasa cukup dari makanan.

Jika Anda tidak yakin apakah Anda memiliki kadar vitamin D serum yang cukup, bicarakan dengan dokter Anda tentang mendapatkan tes darah dan kemungkinan mengonsumsi suplemen. Seperti kebanyakan vitamin dan nutrisi lainnya, mungkin yang terbaik adalah mendapatkan kebutuhan harian Anda dari sumber makanan. Jika Anda membutuhkan suplemen tambahan, hubungi profesional perawatan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *