Menu Close

Bedak Anti Jamur Dapat Mengatasi Gejala Tinea Versikolor

Jika Anda telah didiagnosis atau yakin Anda mungkin menderita infeksi jamur kulit panu, perawatan apa yang tersedia? Terapi mana yang paling efektif dan bagaimana Anda dan dokter Anda membuat pilihan tentang perawatan mana yang terbaik untuk Anda?

Daktarin Powder merupakan bedak anti jamur bersertifikat halal yang digunakan untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit. Daktarin Powder dapat digunakan pada penyakit panu, infeksi yang terjadi di area sela-sela jari, selangkangan, lipatan kulit, area punggung dan leher, hingga infeksi jamur yang disertai dengan infeksi sekunder bakteri gram positif.

Gejala Tinea Versikolor

Tinea versikolor adalah infeksi kulit jamur umum yang menghasilkan ruam khas. Hal ini juga dikenal sebagai pityriasis versicolor dan sering bingung dengan ruam kulit lainnya. Sementara ruam paling umum terjadi selama masa remaja dan dewasa awal, itu dapat terjadi pada usia berapa pun

Ruam biasanya muncul sebagai beludru hipopigmentasi (kurang pigmen) atau makula hiperpigmentasi (bintik-bintik yang tidak terangkat) atau plak. Ruam biasanya menjadi lebih terlihat dengan penyamakan. Hal ini paling umum pada batang tubuh, wajah, dan bahu dan biasanya tidak gatal (meskipun bisa untuk beberapa orang).

Penyebab

Tinea versikolor disebabkan oleh jamur “seperti ragi”, Malassezia. Jamur patogen bekerja dengan mematikan sel-sel penghasil melanin di kulit (melanosit).

Karena panu berhubungan dengan pertumbuhan berlebih dari jamur normal (dan bahkan pelindung) pada kulit, panu tidak menular.

Kerokan dan noda kulit dapat mengungkapkan ragi yang khas di bawah mikroskop (yang tampak seperti spageti dan bakso).

Pilihan pengobatan

Ada beberapa pendekatan pengobatan yang berbeda untuk menyingkirkan ruam panu. Karena ragi mendiami lapisan atas kulit, epidermis, obat antijamur topikal cenderung sangat efektif, setidaknya pada awal atau selama terjadinya infeksi pertama.

Jika ruamnya luas, obat antijamur oral mungkin diperlukan. Mari kita lihat perawatan yang berbeda ini satu per satu.

Antijamur topikal

Obat antijamur topikal adalah pengobatan pilihan untuk panu. Sejumlah rejimen pengobatan antijamur topikal telah terbukti menghasilkan tingkat respons klinis lebih dari 70%. Ini termasuk meresepkan krim atau busa Nizoral (ketoconazole) 2% untuk dioleskan sekali sehari selama 14 hari.

Sebagai alternatif, menggunakan rejimen sampo ketoconazole 2% (dioleskan pada area yang terkena dan sekitarnya dan dibiarkan selama setidaknya lima menit sebelum dibilas) juga membantu bila diterapkan sekali sehari selama tiga hari berturut-turut.

Selain itu, larutan Lamisil (terbinafine) 1% yang dioleskan dua kali sehari selama satu minggu telah terbukti efektif, seperti halnya larutan Lotrimin (clotrimazole) 1% yang diterapkan sekali sehari selama satu minggu.

Antijamur Oral

Obat antijamur oral dapat menyebabkan efek samping seperti mual atau kerusakan hati yang reversibel, tetapi efek samping ini jarang terjadi pada terapi jangka pendek yang digunakan untuk panu.

Griseofulvin oral dan terbinafine oral bukanlah pengobatan yang efektif untuk tinea versikolor, dan ketoconazole oral tidak boleh lagi diresepkan, tetapi berbagai pengobatan oral lainnya seperti flukonazol telah terbukti efektif.

Berapa Lama Tinea Versicolor Bertahan?

Tinea versikolor sering merespon dengan mudah terhadap pengobatan, meskipun kekambuhan sangat mungkin terjadi seperti yang disebutkan sebelumnya. Sementara bintik-bintik (makula) biasanya sembuh dengan cepat, perubahan pigmentasi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan karena melanosit perlu mulai memproduksi melanin lagi.

Jika Anda menderita panu, konsultasikan dengan dokter Anda tentang berbagai pilihan pengobatan yang tersedia untuk Anda. Anda dan dokter Anda dapat mendiskusikan pengobatan terbaik berdasarkan tingkat ruam Anda, sudah berapa lama muncul, dan jika kambuh.

Daktarin Powder digunakan dengan cara ditaburkan langsung ke bagian yang terinfeksi sebanyak 2 kali sehari. Pengobatan dapat berlangsung selama 2-6 minggu tergantung kondisi medis yang diderita atau sesuai anjuran dokter atau apoteker. Daktarin Powder adalah golongan obat bebas terbatas sehingga penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk pada kemasan atau anjuran dari dokter, apoteker, dan tenaga kesehatan lainnya.

Obat ini boleh diberikan pada wanita hamil hanya jika manfaatnya melebihi risiko yang mungkin timbul pada janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *