Menu Close

5 Rekomendasi Vitamin dan Mineral untuk Mencegah Sakit Gigi

sakit gigi

Mengalami sakit gigi tentu saja tidak diharapkan oleh siapapun. Sebab gangguan pada gigi menyebabkan sulit untuk mengunyah makanan dan terkadang menimbulkan nyeri yang luar biasa. Ada berbagai faktor yang menyebabkan sakit gigi, di antaranya adalah jarang menggosok gigi, terlalu sering mengonsumsi makanan manis, dan kebiasaan merokok. Itulah sebabnya, kita disarankan untuk mengunjungi dokter gigi tiap 6 bulan sekali. 

Selain cara di atas, menjaga kesehatan gigi dapat dilakukan melalui asupan nutrisi dan vitamin untuk gigi. Apa saja vitamin yang dibutuhkan? Berikut penjelasannya!

Vitamin untuk Mencegah Sakit Gigi

Untuk terhindar dari gangguan gusi dan gigi, ada baiknya untuk memenuhi asupan vitamin supaya gigi tetap sehat. Sumber vitamin dapat Anda peroleh dari minuman dan makanan sehari-hari serta suplemen. Berikut rekomendasi vitamin untuk menjaga kesehatan gigi:

  1. Vitamin A 

Vitamin A dapat Anda temukan saat mengonsumsi ikan, kuning telur, bayam, kangkung, jeruk, dan wortel. Salah satu peran vitamin A adalah menjaga suplai air liur dalam mulut. Air liur penting bagi kesehatan gigi karena berfungsi untuk membasmi bakteri maupun partikel makanan yang terdapat di area gusi dan gigi. Selain itu,  kesehatan selaput lendir (membran mukosa)  dapat terjaga dari serangan penyakit saat Anda rutin mengonsumsi vitamin ini.

  1. Vitamin B

Niasin dan riboflavin adalah contoh vitamin B yang berguna menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan cara menangkal peradangan dan sariawan pada lidah atau gusi. Kedua kandungan vitamin B tersebut dapat ditemukan saat mengonsumsi kacang-kacangan, daging merah,  daging unggas, susu, dan ikan. 

  1. Vitamin C

Beruntung bagi Anda yang hobi mengonsumsi buah seperti jeruk dan stroberi. Kedua buah tersebut kaya akan vitamin C yang berguna untuk menjaga jaringan ikat pada gusi supaya tetap kata. Sebab, apabila jaringan ikat pada gusi melemah, maka  gigi dapat berisiko lepas. Tidak hanya itu, Anda mungkin juga berisiko mengalami pendarahan gusi. Itulah sebabnya, vitamin C direkomendasikan untuk mencegah sakit gigi dan sariawan.

  1. Vitamin D

Vitamin D berperan penting meningkatkan dan menjaga kesehatan gigi. Asupan vitamin D bisa Anda temukan saat mengonsumsi telur, jeroan, ikan berlemak, serta produk olahan susu seperti keju dan yogurt. 

  1. Vitamin E

Antioksidan yang terkandung dalam Vitamin E berperan penting melawan stres oksidatif pada gusi serta meredakan peradangan di mulut.  Temukan beragam manfaat vitamin D melalui makanan seperti sayuran berdaun hijau, alpukat, ikan, biji-bijian dan kacang-kacangan. 

Mineral untuk Mencegah Sakit Gigi

Selain memenuhi asupan vitamin, Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuh. Beberapa contoh mineral yang baik untuk kesehatan gigi, di antaranya:

  1. Kalium 

Kalium adalah mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Selain itu, mineral ini juga membantu proses pembekuan darah saat gusi terluka. Dapatkan asupan kalium saat konsumsi kacang-kacangan, jamur, labu, dan sayuran berdaun hijau tua.

  1. Kalsium

Sudah banyak yang tahu bahwa kalsium sangat baik untuk menjaga kesehatn tulang dan gigi. Bahkan asupan mineral dianjurkan dipenuhi sejak masih kanak-kanak. Sejumlah makanan  yang mengandung kalsium di antaranya seperti almond, brokoli, kerang, dan produk susu.

  1. Fosfor

Fosfor diperlukan tubuh untuk menyerap kalsium dengan baik sehingga kesehatan tulang dan gigi dapat terjaga. Bagaimana cara mendapatkan asupan fosfor? Anda dapat mengonsumsi produk olahan susu, biji-bijian, daging, dan kacang-kacangan

  1. Fluoride

Pasta gigi pada umumnya sering menggunakan fluoride sebagai komposisinya. Mineral ini bermanfaat untuk mengobati kerusakan pada gusi dan gigi. Anda dapat menemukan fluoride saat konsumsi teh hitam dan makanan laut.

Itulah rekomendasi vitamin dan mineral untuk mencegah sakit gigi. Jangan lupa untuk rajin menggosok gigi, hindari makanan terlalu manis, dan berkonsultasi dengan dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *