Menu Close

5 Manfaat Kandungan Thymoquinone pada Habbatussauda Kapsul

Jintan hitam adalah salah satu obat herbal yang sudah banyak digunakan di Indonesia, dan lebih dikenal dengan nama habbatussauda. Habbatussauda ini sudah digunakan dari 2000 tahun lalu sebagai bumbu masakan juga obat herbal sejak lama oleh bangsa Indian dan Arab. 

Tanaman yang memiliki nama Nigella sativa memiliki banyak zat aktif alami di dalamnya, salah satu kandungan terbanyaknya adalah thymoquinone (TQ). Adanya kandungan ini memberikan efek pengobatan terhadap berbagai jenis penyakit. 

Pada habbatussauda kapsul, thymoquinone dapat memberikan efek imunomodulator, juga memiliki sifat antikanker, antimikroba, antioksidan, serta antiinflamasi. Khasiat-khasiat ini dapat Anda rasakan jika mengonsumsi habbatussauda secara rutin. Berikut ini khasiat thymoquinone bagi kesehatan.

  1. Habbatussauda sebagai imunomodulator

Imunomodulator adalah zat yang dapat membantu mengatur respons sitem imun di dalam tubuh. Seperti yang diketahui bahwa kekebalan tubuh memiliki peran penting agar tubuh terlindungi dari virus dan bakteri yang menyebabkan berbagai jenis penyakit.

Beberapa penelitian telah membuktikan manfaat habbatussauda ini sebagai imunomodulator dalam mengoptimalkan sistem imunitas. Sel kekebalan tubuh akan meningkat bila jumlah sel darah putih limfosit dan monosit juga meningkat. Hal ini akan terjadi bila mendapat bantuan kandungan ethanol  dari habbatussauda sebagai imunomodulator. 

  1. Habbatussauda sebagai antioksidan

Pada saat melakukan aktivitas sehari-hari, secara tidak sadar Anda bisa saja terkena radikal bebas, baik dari lingkungan sekitar atau bahkan makanan yang Anda konsumsi. Maka dari itu, Anda membutuhkan antioksidan untuk melawan radikal bebas. Walaupun tubuh memiliki mekanisme tersebut, namun Anda perlu menambahkan suplemen habbatussauda kapsul yang memiliki sifat antioksidan. 

Antioksidan menjadi sangat penting bagi tubuh bila jumlah radikal bebas lebih banyak sehingga menimbulkan hal-hal yang dapat memicu berkembangnya penyakit, seperti dapat merusak jaringan lemak, DNA, serta protein di dalam tubuh. 

Bila Anda kekurangan antioksidan dan terpapar radikal bebas secara terus menerus, maka Anda bisa mengalami penuaan dini, serta beberpa penyakit. Seperti penyakit kanker, jantung, hingga demensia. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi habbatussauda tablet untuk menghindari penyakit yang disebabkan radikal bebas. 

  1. Habbatussauda sebagai antiinflamasi

Antiinflamasi atau lebih dikenal sebagai suatu zat yang dapat mengurangi peradangan. Habbatussauda kapsul ini telah dikenal dapat menangani asma, sebab adanya khasiat antiinflamasi ini. Pada saat asma terjadi, saluran pernapasan akan meradang dan menyempit sehingga sulit bernapas hingga timbul asma. 

Sebuah studi membuktikan keefektivitasan antiinflamasi ini pada penyembuhan asma. Manfaat habbatussauda dalam menangani asma ini juga dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan selama tiga bulan dan menunjukkan bahwa habbatussauda mampu mengurangi asma. 

Kandungan Nigellone yang ada di dalam habbatussauda kapsul pun dapat mengurangi gejala batuk, hingga meningkatkan fungsi paru-paru agar lebih optimal. Tidak hanya itu, adanya manfaat antiinflamsi juga membuat habbatussauda dapat mengatasi penyakit sinusitis dan radang pada sendi.

  1. Habbatussauda sebagai antikanker

Manfaat kandungan thymoquinone selanjutnya adalah menjadikan habbatussauda sebagai antikanker. Artinya, bila Anda mengonsumsi habbatussauda kapsul, maka Anda membantu menghambat pertumbuhan sel kanker yang mungkin saja bisa terkena kepada Anda. 

Manfaat yang satu ini sudah dibuktikan banyak mengatasi beragam jenis kanker, mulai dari kanker hati, pankreas, payudara, usus, hingga kanker darah.

  1. Habbatussauda sebagai antimikroba

Penyakit dapat terjadi bila patogen masuk ke dalam tubuh. Adanya efek antimikroba pada habbatussauda kapsul ini dapat menghambat pertumbuhan patogen yang ada di dalam tubuh, seperti bakteri, virus, parasit, serta jamur. 

Efek antimikroba habbatussauda ini pun telah dibuktikan dapat membasmi virus-virus yang menyebabkan penykit hepatitis C, flu, dan HIV. Itulah manfaat yang terdapat dalam habbatussauda, khususnya pada kandungan thymoquinone . Adanya kandungan thymoquinone memberikan dampak baik pada tubuh karena mengandung kelima efek di atas. Maka dari itu, tak heran jika Anda menambahkan habbatussauda kapsul ke dalam asupan suplemen sehari-hari. Namun, sebelum Anda mengonsumsinya secara rutin, pastikan Anda telah membaca dan mengerti efek samping yang mungkin saja terjadi, atau bila perlu konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *