Menu Close

5 Cara Mencuci Baju Bayi dengan Aman

Mencuci baju bayi tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika salah langkah, bisa-bisa baju bayi Anda malah terkontaminasi oleh bakteri dan memengaruhi kesehatan bayi saat dipakai. Sebagai orang tua, Anda perlu memerhatikan cara mencuci baju bayi yang benar. 

Anda bisa mencuci pakaian bayi dengan tangan maupun menggunakan mesin cuci. Apapun teknik yang Anda gunakan, Anda harus memastikan baju bayi dibersihkan dengan baik dan maksimal. 

Cara-cara mencuci baju bayi yang bisa dicoba

Ada 5 hal yang perlu Anda perhatikan apabila Anda ingin membersihkan baju bayi dengan baik. Berikut ini hal-hal tersebut: 

  • Menggunakan detergen khusus bayi

Saat ini, sudah banyak brand yang menjual sabun cuci khusus untuk pakaian bayi. Gunakanlah detergen yang memang dikhususkan untuk bayi, karena detergen macam ini memiliki kandungan yang lebih aman dibandingkan dengan detergen biasa.

Menggunakan detergen biasa berpotensi menyebabkan tertinggalnya zat dari detergen pada pakaian bayi. Sisa zat ini akan terkena ke kulit bayi ketika baju dikenakan. Hal ini bisa memicu kerusakan kulit dan menganggu kesehatan bayi.

Oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakan detergen yang dikhususkan untuk bayi sebagai cara mencuci baju bayi dengan benar. 

  • Mencuci saat baru dibeli

Pakaian bayi yang baru dibeli sebaiknya jangan langsung dikenakan pada bayi. Anda perlu mencucinya terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada bakteri pada baju yang berasal dari pabrik saat proses pembuatan baju tersebut. 

Bila bayi belum lahir, maka usahakanlah untuk mencuci semua baju-baju bayi dari sekarang. Jadi, ketika bayi sudah lahir nantinya, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencuci semua baju dari awal dan bisa langsung mengenakannya pada bayi. 

Setelah itu, simpan baju bayi yang sudah dicuci dengan baik di lemari pakaian yang juga sudah dalam keadaan bersih. 

  • Menggunakan air hangat

Salah satu cara mencuci baju bayi dengan tepat adalah menggunakan air hangat untuk mencuci. Hindari mencuci baju bayi dengan air yang terlalu dingin atau terlalu panas.

Air yang terlalu dingin atau terlalu panas akan merusak tekstur kain pada baju bayi. Ini membuat baju bayi lebih mudah rusak, robek, dan tidak tahan lama. 

Oleh sebab itu, sebelum mencuci baju bayi, gunakan tangan Anda untuk memperkirakan suhu air yang akan digunakan. Pastikan air dalam keadaan hangat sebelum dipakai untuk mencuci. 

  • Cuci baju bayi dalam keadaan tangan bersih

Tangan yang akan Anda gunakan untuk mencuci juga harus dijaga kebersihannya. Ini adalah salah satu aspek penting dalam cara mencuci baju bayi.

Jangan sampai, Anda mencuci baju bayi tanpa membersihkan tangan terlebih dahulu. Gunakan air bersih dan sabun antiseptik untuk membersihkan tangan dari segala kotoran serta bakteri.

Langkah ini penting diperhatikan untuk menghindari kontaminasi bakteri dari tangan Anda ke baju bayi yang dicuci. 

  • Pastikan tidak ada sisa sabun

Setelah mencuci baju bayi dengan detergen, pastikan Anda membilas sabun tersebut dengan baik. Jangan sampai ada sisa sabun yang tersisa dan masih menempel di baju bayi. 

Setidaknya, bilaslah baju bayi minimal dua kali untuk memastikan semua sabun telah terangkat. Sisa detergen yang tertinggal pada pakaian berpotensi meracuni kulit bayi ketika pakaian itu dikenakan nantinya. 

Perhatikanlah cara mencuci baju bayi yang baik dan benar seperti langkah-langkah di atas. Dengan begitu, pakaian bayi bisa terjaga kebersihannya dan tetap aman dipakai oleh bayi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *